Arsip Berita

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

 

Blitar, sman2blitar.sch.id—SMAN 2 Blitar melaksanakan Ujian Satuan Pendidikan-Berbasis Komputer dan Smartphone (USP-BKS) tahun pelajaran 2020/2021 dengan melaksanakan protokol kesehatan ala Covid-19 secara ketat. Ujian tingkat sekolah yang wajib diikuti seluruh kelas XII sebagai salah satu prasyarat kelulusan itu dilaksanakan mulai hari Senin-Jumat, 8-19 Maret 2021 dan terbagi menjadi dua sesi, 08-00-10.00 WIB (sesi I) dan 10.00-12.00 WIB (sesi II).

 Berlangsung di masa pandemi Covid-19, pelaksanaan USP-BKS tahun 2021 ini memperhatikan standar protokol kesehatan yang ketat guna mewasapadai penularan virus corona di sekolah. Sejak memasuki gerbang sekolah, baik siswa, guru, maupun staf karyawan Tata Usaha (TU) telah lebih dulu disambut oleh beberapa Tim Satgas Covid yang bersiap menyemprotkan disinfektan dan mengecek penggunaan masker. Bagi warga sekolah yang kedapatan tidak memakai masker, maka tidak diperbolehkan memasuki area sekolah. Kendati demikian, sekolah sebenanrya juga telah menyediakan masker medis gratis bagi warga sekolah yang membutuhkan, entah karena lupa atau tertinggal. Selain penyemprotan disinfektan, warga sekolah juga diharuskan untuk melakukan pengecekan suhu mandiri pada termometer digital yang telah disediakan.

Penyelenggaraan USP-BKS ini mengacu pada Surat Edaran (SE) Mendikbud No. 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Adapun yang menjadi ketentuan kelulusan bagi peserta didik mengacu pada SE tersebut meliputi tiga hal berikut:

  1. perserta didik menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester;
  2. peserta didik memeroleh nilai sikap/perilaku minimal baik;
  3. peserta didik mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Adapun ujian yang diselenggarakan SMAN 2 Blitar mengacu pada poin ketiga tersebut adalah berbentuk tes secara daring menggunakan laptop/smartphone yang dilaksanakan di sekolah. Waka Kurikulum SMAN 2 Blitar, Abusani, S.Kom., mengemukakan jika USP-BKS tahun ini memiliki ciri khas tersendiri dari model-model ujian sebelumnya.

“USP-BKS kali ini full daring. Selain itu, bentuk soalnya juga bervariasi, mengadopsi model AKM, meliputi bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian siangkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian,” jelasnya.

 Jadwal USP SMAN 2 Blitar 2021

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
Suasana uji coba pembelajaran tatap muka.
                                                                                         Suasana uji coba pembelajaran tatap muka, siswa mengerjakan ulangan harian di ponsel.

 

Ciliwung 396. Berada di zona kuning saat ini, SMAN 2 Blitar memberanikan diri untuk menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara bertahap, Senin 15 Februari 2021. PTM kali ini diprioritaskan untuk kelas XII yang sebentar lagi melaksanakan serangkaian ujian. Meski demikian, tetap saja siswa yang diperbolehkan masuk adalah yang telah mendapat izin orang tua (disertakan bukti surat keterangan) dan dalam keadaan sehat.

Adapun rangkaian ujian yang akan dihadapi kelas XII diantaranya PAS (Penilaian Akhir Semester), ujian praktik, ujian sekolah (USP) 8-18 Maret 2021, dan evaluasi hasil belajar (EHB) 22-29 Maret 2021. Kendati berada di zona kuning, Tim Satgas Covid SMAN 2 Blitar tetap sigap dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap siswa yang memasuki gerbang Smada, harus melalui pemeriksaan suhu badan terlebih dahulu dan disemprot disinfektan.  Di dalam kelas, tempat duduk siswa juga diatur berjarak dan sebagian kelas telah disediakan sekat untuk masing-masing bangku.

Selagi kelas XII melaksanakan uji coba PTM, kelas X dan XI tetap melaksanakan pembelajaran melalui daring. Nantinya, jika kelas XII telah usai melaksanakan ujian dan situasi lebih kondusif, baik kelas X dan XI juga akan dijadwalkan tatap muka.

“Secara bertahap, nanti akan kita jadwalkan PTM. Nunggu ujian selesai dan lihat situasi ke depan,” pungkas Abusani, S.Kom, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.

Uji coba pembelajaran tatap muka sebelumnya pernah dilaksanakan di bulan November 2020 lalu, simak penayangannya di sini.


 

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Blitar, sman2blitar.sch id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang jatuh pada 12 Oktober 2020 turut diperingati pula oleh SMAN 2 Blitar. Adapun rangkaian kegiatan selebrasi yang dilaksanakan Smada pada 28 Oktober 2020, meliputi: bedah buku ‘Disruption’ karya Rhenald Kasali, pembagian masker gratis kepada warga sekitar, dan gebyar kreasi seni virtual karawitan 2020.

Beda buku yang bertajuk Ngopi: Ngobrol Pintar dimoderatori oleh Silvia Siwi Anggraini, S.Pd., dan Pujo Ardianto Hidayat, S.Pd., sebagai pemantik materi. Pujo memaparkan isi buku setebal 478 halaman itu dengan sangat detail perbabnya. Tiga puluh siswa yang menjadi audiens kala itupun terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan guru Sejarah tesebut. Bukti antusiasme siswa-siswi yang hadir ditunjukkan dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh enam siswa yang terbagi menjadi dua termin. Bahkan, Kevin Surya, siswa penghuni IPA 5.2, sempat ditolak pertanyaannya oleh moderator karena berniat mengajukan pertanyaan lagi setelah mendapat kesempatan bertanya di termin kesatu.

Buku Disruption dicetak pertama kali pada Februari 2017 dan sudah mengalami beberapa kali cetak ulang. Buku yang ditulis oleh Profesor Rhenald Kasali, akademisi manajemen dari Universitas Indonesia sekaligus pendiri Rumah Perubahan itu bahkan telah memiliki label ‘National Best Seller’. Buku ini berhasil menarik perhatian banyak orang di Indonesia karena mengangkat tema yang memang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dan perlahan terjadi di dunia, yaitu disrupsi, perubahan.

Disruption terjadi di setiap bidang kehidupan. Bidang ekonomi, sosial, budaya, hukum, pendidikan, kesehatan dan pemerintahan. Pada dasarnya disruption adalah inovasi yang akan menggantikan seluruh sistem lama atau orang lama (incumbent) dengan cara-cara baru atau orang orang baru (start up). Disrupsi berpotensi menggantikan pemain-pemain lama dengan baru. Disrupsi bisa dilihat sebagai sesuatu yang positif karena merupakan sebuah inovasi yang dinamis dan serba efisien, efektif dan serba canggih.  

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

 

Peserta IHT konsultasi penyusunan soal

Ciliwung 396. Pelaksanan Asesmen Nasional (AN) pengganti Ujian Nasional (UN) sudah di depan mata. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut Asesmen Nasional ini sebagai penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan dan menjadi bagian dari kebijakan Merdeka Belajar. Salah satu penilaian dalam Asesmen Nasional ini adalah AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum berbasis literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Guna mempersiapkan itu, SMAN 2 Blitar membekali para guru kelas XII untuk membuat soal-soal USP bermodel AKM melalu kegiatan IHT Penyusunan Kisi-Kisi, Soal, dan Telaah Soal USP. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap mulai Senin sampai dengan Kamis, 22-25 Februari 2021, tentu saja dengan memerhatikan protokol kesehatan ala Covid-19.

Bertindak selaku narasumber utama dalam IHT tersebut, Abusani, S.Kom., menjelaskan bahwa soal-soal USP (Ujian Satuan Pendidikan) kali ini masih mengacu pada KD-KD yang ada pada masing-masing mapel, hanya saja bentuk soalnya dibuat mirip seperti model soal AKM. Berbeda dengan soal-soal pada UN, soal AKM terdiri dari lima bentuk soal. Adapun lima bentuk soal yang merupakan ciri khas AKM tersebut adalah bentuk soal pilihan ganda (PG, pilihan ganda kompleks (PGK), menjodohkan (MJDK), isian singkat (IS), dan uraian (U). Lima bentuk soal ini harus ada dalam USP yang akan diselenggarakan pada 8-19 Maret 2021 mendatang.

“USP kali ini mengunakan model soal AKM supaya anak-anak terbiasa (berhadapan dengan soal AKM),” jelas Abusani.

Soal AKM sendiri menurut Abusani, bukanlah soal yang sulit, tetapi memang membutuhkan kemampuan literasi. Literasi membaca bukan hanya sekadar kemampuan membaca secara harfiah tanpa mengetahui isi/makna dari bacaan tersebut, melainkan kemampuan memahami konsep bacaan. Sementara itu, numerasi bukan hanya sekadar kemampuan menghitung, melainkan kemampuan mengaplikasikan konsep hitungan di dalam suatu konteks, baik abstrak maupun nyata. 

“(Soal) AKM itu bukan soal yang sulit atau harus selalu HOTS, tetapi lebih mengarahkan anak untuk berliterasi terlebih dahulu,” pungkas Waka Kurikulum Bidang Kesiswaaan tersebut.*


User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Blitar, sman2blitar.sch.id — Tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) kembali menyumbangkan prestasi untuk almamater SMAN 2 Blitar melalui keikutsertaannya dalam LKTI Bemfia Unisma 2020 dan menyabet juara 2 nasional. Tim yang beranggotakan Santi Ismatul Aula, XII IPA 1 dan Herna Trio Putra, XII IPA 3 itu mengusung judul karya tulis “Habitualisasi Kejujuran Berbasis Nilai Antikorupsi melalui Metode Live IN sebagai Investasi Sosial di Lingkungan Sekolah’, 29 November 2020.

Karya tulis ini berangkat dari keresehan dua peserta didik tersebut akan kondisi Indonesia saat ini. Pada karya tulis sepanjang 31 halaman itu disebutkan bahwa Indonesia tercatat sebagai bangsa terkorup di Asia. Maka dari itu, untuk mengantisipasi serta meminimalisir peningkatan kasus korupsi di hari kemudian. Diperlukannya penanaman pendidikan karakter melalui pendidikan antikorupsi. Pendidikan kasus korupsi mengajarkan nilai-nilai yang berhubungan dengan perilaku penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti nilai kejujuran dan sebagai bekal untuk menumbuhkan sikap antikoruptif.

Nilai-nilai kejujuran dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui proses pembiasaan (habitualisasi). Proses pembiasaan ini dapat diterapkan dilingkungan masyarakat dan sekolah. Dengan diterapkan pembiasaan di lingkungan sekolah diharapkan para siswa terbiasa akan bersikap jujur sesuai dengan nilai-nilai anti korupsi yang telah dipelajarinya sehingga dapat menghasilkan generasi yang enggan melakukan tindakan korupsi.

Alhamdulillah, tidak menyangka akan dapat juara 2 nasional. Mengingat pesertanya juga sangat luar biasa. Semoga ini bisa jadi motivasi anak-anak KIR lainnya khususnya dan siswa SMADA lainnya,” harap Hanifitria Ningrum, S.Pd., pembina KIR Smada. Selain prestasi ini, prestasi KIR lainnya juga datang dari tim yang diusung Wildan Purbo Ananda, XII IPA 4, Fadilla Nila Ernanda, XII IPA 1, dan Santi Ismatul Aula, IPA 1. Tim Wildan dkk ini juga turut menyumbangkan prestasi dengan memperoleh predikat poster terbaik nasional dalam kompetisi Lokakomi nasional 2020 yang digelar Unsoed 2020.  

 

 

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id