Arsip Berita

Kompak, Guru SMAN 2 Blitar Lakukan Input Nilai E-rapor Bersama

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Blitar, sman2blitar.sch.id -  Berakhirnya Penilaian Akhir Tahun (PAT) semester genap pada Senin, 30 Mei 2022 lalu menandai akhir kegiatan pembelajaran di tahun pelajaran 2021-2022 ini. Setelah melakukan pengolahan nilai, saatnya Bapak/Ibu guru memasukkan nilai yang sudah diolah ke dalam aplikasi e-rapor, Kamis, 16 Juni 2022. 

Bertempat di ruang guru SMAN 2 Blitar, kegiatan yang dipandu oleh Ibnu Nurdiansyah, M.Pd, tim kurikulum, diikuti oleh guru mapel dan PA. Tidak semua guru dapat hadir pada kesempatan karena harus menghadiri kegiatan MGMP. Untuk itu, tim kurikulum menyiasati ada hari kedua (Jumat, 17 Juni 2022) demi mewadahi para guru yang tidak bisa hadir pada hari ini.

Ibnu secara detail menjelaskan tahap demi tahapan pengisian nilai di e-rapor. Hal itu tetap perlu dilakukan menurutnya kendati proses tersebut rutin dilakukan setiap semesternya.

"Sebenarnya tidak ada yang beda langkah-langkahnya dari semester lalu. Prosesnya sama. Hanya saja, perlu diingatkan kembali langkah-langkahnya agar proses input berjalan lancar," demikian ungkap guru pengampu Matematika yang baru saja menerima SK PPPK itu.

Selain Ibnu, turut serta tim kurikulum yang lain membantu mengawal jalannya proses input nilai, diantaranya Andika Luky Saputra, S.Pd. dan Eko Wahyu Endrechiana S., S.Pd., yang sigap mendatangi Bapak/Ibu guru ketika kesulitan atau mengalami kendala dalam proses pemasukan nilai. 

"Tidak ada kendala yang berarti, sih. Paling masalah konseksi saja. Atau format yang tidak sesuai. Selebihnya semua (Bapak/Ibu guru, red) bisa meng-handle sendiri dengan baik," tutur Andika.

Adapun dalam melakukan proses input nilai, Ibnu memiliki tips efektif untuk para guru.

  1. Mempersiapkan nilai yang akan dimasukkan ke dalam aplikasi e-rapor. Pastikan nilai ini sudah sesuai dengan jumlah KD yang ada di e-rapor. Jangan lupa, nilai yang dipersiapkan ada dua jenis, yaitu nilai untuk KI 3 dan KI 4.
  2. Mengunduh format nilai pengetahuan dan keterampilan untuk masing-masing kelas yang diampu.
  3. Memasukkan nilai yang sudah disiapkan ke dalam format excel yang telah diunduh. Ini dilakukan secara offline agar lebih cepat dan efektif.
  4. Mengubah tipe penyimpanan dokumen nilai excel ke dalam format 97-2003.
  5. Mengunggah nilai ke dalam e-rapor sesuai dengan kelas dan jenis penilaiannya (pengetahuan dan keterampilan).
  6. Melakukan input nilai sikap sosial dan spriritual serta proses deskripsi siswa pada masing-masing kelas yang diajar
  7. Melakukan kirim nilai akhir 

Lebih lanjut, Ibnu mengingatkan untuk memeriksa status penilaiannya. Pastikan semua berwarna hijau. Jika ada yang masih merah, tandanya ada bagian yang terlewati atau belum ter-input.

 

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id