Arsip Berita

19 Siswa SMAN 2 Blitar Lolos SNMPTN 2022

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

sman2blitar.sch.id - Sejumlah 19 siswa SMAN 2 Blitar diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN 2022. Hal tersebut sesuai dengan pengumuman yang diterima siswa melalui laman LTMPT pada 29 Maret 2022 pukul 15.00 WIB lalu. 19 siswa melaporkan mendapatkan notifikasi berlatar biru, untuk yang lolos, sedangkan yang tidak lolos, latarnya berwarna merah. Kendati jumlah ini mengalami penurunan dari tahun lalu, namun tetap ada rasa syukur baik dari siswa maupun guru.

M. Rafli Wisnu, siswa XII IPS 1 yang diterima di Prodi Sendratasik UNESA, misalnya, mengaku bersyukur karena diterima di pilihan pertamanya.

"Awalnya sempat bimbang mau pilih (jurusan) Tari (di) Unesa atau (jurusan) Bahasa Indonesia di UM. Tapi, akhirnya, setelah memantapkan hati dan menerima beberapa masukan dari guru-guru, pilihan pertama di UNESA dan diterima."

Meski begitu, siswa yang akrab disapa Rafli tersebut merasa kebahagiaannya tidak sepenuhnya sempurna, karena beberapa teman seperjuangannya yang turut mendaftar SNMPTN kali ini banyak yang tidak lolos.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu guru BK, Sri Handayani, S.Psi. 

"Memang benar, tahun ini ada sedikit penurunan dari tahun lalu. Tahun ini, siswa IPA diterima 10 dari 53 siswa=5,3%, sedangkan IPS diterima 9 dari 65 siswa=7,2%. Jadi, total diterima SNMPTN tahun ini ada 19 dari 118 siswa, sebanyak 6,2%," jelasnya.

Lebih lanjut, guru yang akrab disapa Bu Yani tersebut mengungkapkan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian tim BK menyikapi penurunan jumlah diterimanya SNMPTN kali ini.

"Ini masih menjadi analisis kami. Tentunya ada banyak faktor, baik dari internal siswa dan sekolah, maupun dari eksternal, perguruan tinggi itu sendiri. Salah satunya, adanya predikat PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum) yang disandang beberapa perguruan tinggi negeri, seperti UM dan UB pada 2021 ini, juga berpengaruh. UB secara terang-terangan menginformasilkan adanya penurunan kuota SNMPTN, dari yang tahun lalu 30%, tahun ini menjadi 20% saja. Ini tentu berdampak," ungkapnya.

Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, disingkat PTN BH adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. Dahulu dikenal sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN) dan Badan Hukum Pendidikan (BHP). Sampai dengan tahun 2021, terdapat 16 perguruan tinggi negeri badan hukum di Indonesia. Dua diantaranya, UM dan UM, baru saja mendapatkannya di tahun 2021 lalu.

Seperti sejarah tahun-tahun sebelumnya, Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang merupakan kampus yang banyak dituju siswa/i dari Kota Blitar, tidak terkecuali siswa Smada. Yani berharap, meskipun beberapa siswa eligble tidak lolos SNMPTN, tetap bisa diterima di perguruan tinggi pilihannya melalui jalur SBMPTN ataupun Mandiri. Ia juga menyemogakan tahun depan angka diterima SNMPTN bisa lebih banyak dari sekarang.

"Setiap tahun kami selalu melakukan evaluasi-evaluasi. Harapannya, jumlah yang diterima di PTN meningkat, khususnya yang melalui jalur SNMPTN."

Adapun 19 nama siswa SMAN 2 Blitar yang diterima PTN melalui jalur SNMPTN 2022 dapat dilihat di bawah ini.

 

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id