Arsip Berita

Ragam Tugas Sosiodrama Sejarah Kemerdekaan Indonesia: Wadah Kreativitas dan Imajinasi Siswa

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

sman2blitar.sch.id - Adakalanya, pemberian tugas-tugas kepada siswa sejatinya adalah ruang untuk memberikan pergerakan kreativitas dan ekspresi siswa yang sesungguhnya. Hal inilah yang terjadi pada tugas mapel Sejarah Indonesia di kelas XI IPS SMAN 2 Blitar. Di bawah binaan Hanifitria Ningrum, S.Pd., ringkasan peristiwa kemerdekaan Indonesia dapat tertuang menjadi lima film dokumenter apik yang digarap dengan penuh kesungguhan. Kelima video yang berasal dari kelas XI IPS 1 hingga XI IPS 5 tersebut mengusung konsep cerita "Sosiodrama Peristiwa Sejarah Kemerdekaan Indonesia".

Kreativitas siswa/i dalam menuangkan imajinasi peristiwa-peristiwa heroik tersebut mendapatkan apresiasi dari Hani sebagai guru Sejarah Indonesia (SJHI) yang menugasi. Menurutnya, semangat anak-anak tersebut sungguh luar biasa, bahkan di luar ekspektasinya.

"Sebenarnya, maksud saya menugaskan drama saja, tapi sepertinya anak-anak terlalu bersemangat hingga jadinya movie seperti ini," ungkapnya.

Ada juga hal menggelitik yang ditemukannya di dalam film besutan siswa program sosial tersebut.

"Ada bagian yang lucu sebenarnya, ketika saya tahu diorama aslinya dan ketika imajinasi anak-anak itu dituangkan ke dalam film pendek ini, jatuhnya malah lucu, sih. Misalnya, ada adegan ketika Bung Hatta 'dikrekep' sarung dan lucunya lagi, yang jadi Bung Hatta juga malah terlihat senang. Lucu sekali," jelas guru Sejarah itu menggambarkan kejenakaan yang ditemuinya.

Meski demikian, Hani mengaku cukup puas dengan hasil karya siswa ini. Ia berharap ke depannya dapat berkolaborasi dengan mapel lain dan siswa juga bisa lebih maksimal lagi menuangkan kreativitas dan imajinasi mereka.

Berikut ini salah satu cuplikan video sosiodrama XI IPS 4. Cuplikan video lainnya dapat diintip di unggahan instagram SMAN 2 Blitar (@sman2blitar_official).

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id