Arsip Berita

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive

Lengang, Siswa Belajar di Rumah

Lengang, Siswa Belajar di Rumah

Blitar—Menindaklanjuti surat edaran Gubernur Jawa Timur tentang peningkatan kewaspadaan terhadap Covid-19, mulai Senin, 16 Maret 2020, SMAN 2 Blitar meniadakan pembelajaran tatap muka di sekolah. Kendati tidak ada di siswa di sekolah, guru dan karyawan tetap masuk seperti biasa. Demikian halnya dengan proses pembelajaran, tetap berlangsung sesuai jadwal seperti biasa, hanya saja kali ini dilakukan jarak jaruh, secara daring (dalam jaringan).

Kepala SMAN 2 Blitar, Ahmad Damanhuri, melalui pernyataannya dalam rapat koordinasi guru dan karyawan (16/3/2020), meminta seluruh guru mapel dan juga PA (Pembimbing Akademik) untuk senantiasa berkoordinasi bersama orang tua dalam memantau siswa selama belajar di rumah. Diinstruksikan selama 14 hari ke depan, siswa belajar di rumah dan dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah ataupun kerumuman massa. Termasuk, menghindari sementara ritual salam-salaman, serta senantiasa menjaga kebersihan dan meningkatka daya imun tubuh. Hal ini sebagai bentuk upaya pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran Covid-19 atau virus Corona. 

Ada beberapa media yang dapat dimanfaatkan selama pembelajaran jarak jauh ini berlangsung. Seperti yang disampaikan oleh Waka Kurikulum SMAN 2 Blitar, Abusani, guru dapat menggunakan berbagai aplikasi yang telah direkomendasiakan Kemendikbud, seperti Rumah Belajar, Google Classroom, Quizziz, ataupun Ruangguru. Bahkan media perpesanan seperti WhatsApp atau bahkan sosial media seperti Instagrampun bisa dimanfaatkan.

Seperti yang dilakukan oleh guru Bahasa Jawa SMAN 2 Blitar, Stya Budi Asih, yang memilih menggelar pembelajaran live via Instagram. Hal itu menurut Stya cukup efektif untuk benar-benar memastikan kehadiran siswanya. Sebab menurutnya, melalui live Instagram, ia bisa berinteraksi dengan siswanya dan siswapun bisa langsung membalas atau menanggapinya di kolom komentar. 

Lain halnya dengan pembelajaran yang dilakukan mapel Bahasa Inggris, Widi Astuti lebih memilih Quizziz untuk memberikan latihan soal ke siswa, utamanya kelas 12 yang sebentar lagi menghadapi UN. Quizziz, menurut Widi, lebih mudah digunakan sebab sudah tersedia materi sekaligus latihan soal di dalamnya. Siswapun dibuat senang ketika mengerjakan karena tampilan soal dikonsep layaknya sebuah game. 

Aplikasi lain yang turut dimanfaatkan guru SMAN 2 Blitar untuk pembelajaran jarak jauh ini adalah Google Classroom. Ini dimanfaatkan beberapa guru mata pelajaran di SMADA, sebut saja Endah Purwati, Matematika, dan Pradianna, Ekonomi. Google Classroom dipilih sebab dirasa lebih mudah untuk mengorganisasi kelas dan mendistribusikan soal-soal ke beberapa kelas sekaligus. Selain itu, guru dan siswa juga bisa saling berinteraksi melalui kolom komentar dan juga melihat hasil nilainya secara langsung, termasuk melihat keterangan pengumpulan tugas: tepat waktu atau terlambat.

Apapun media yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh ini, Abusani berharap, itu dapat memelihara kebiasaan siswa untuk tetap belajar di rumah. Ia juga memastikan, jika guru-guru tidak berlebihan dalam memberikan tugas kepada siswa, agar siswa tidak merasa tertekan dan terbebani dengan banyaknya tugas yang didapat. Nantinya, pembelajaran tatap muka akan dilakukan kembali setelah mendapat instruksi lebih lanjut dari pemerintah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Suasana sekolah ketika pembelajaran jarak jauh

pembelajaran daring via Quizziz

Pembelajaran Bahasa Inggris via Quizziz

 

pembelajaran dari via Google Classroom

 Pembelajaran Matematika via Google Classroom

grup belajar daring via WhatsApp

Pembelajaran Bahasa Indonesia via grup Whatsapp

Kelas sepi tanpa penghuni, siswa belajar di rumah

Kelas yang biasanya ramai, kini tampak sepi tak berpenghuni

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive

 

Halo,adik-adik SMP/MTs/sederajat! Dalam rangka menyemarakan diesnatalis ke-35, SMAN 2 Blitar menyelanggarakan lomba eksternal untuk pelajar SMP/MTs/Sederajat. Salah satu lombanya yaitu lomba menulis cerpen siswa SMP/MTs/Sederajat se-Jawa Timur. Adapun ketentuan untuk lomba cerpen tersebut adalah sebagai berikut:

Peserta
Pelajar SMP/MTs/Sederajat yang bersekolah di Wilayah Provinsi Jawa Timur

Tema
“Lindungi bumi, hijaukan negeri, dan raihlah mimpi”

Syarat dan Ketentuan
1. Peserta merupakan siswa SMP/MTS sederajat yang sekolahnya berdomisili di Wilayah Provinsi Jawa Timur.
2. Peserta merupakan perorangan dan hanya diperbolehkan mengirim satu karya.
3. Karya yang diikutsertakan merupakan hasil karya sendiri, bukan karya orang lain/terjemahan/saduran, belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang diikutkan lomba serupa.
4. Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik sesuai dengan PUEBI, tidak mengandung hal yang dapat menyebabkan provokasi dan tidak mengandung unsur SARA.
5. Panitia tidak menerima revisi naskah dari peserta.
6. Peserta wajib menggunakan tema dari panitia.
7. Dengan keikutsertaan, peserta dianggap telah menerima dan menyetujui persyaratan perlombaan

Batas Waktu Pendaftaran, Pembayaran, dan Pengiriman Naskah
1. Pendaftaran
Gelombang 1: 27 September – 16 Oktober 2019
Gelombang 2: 17 Oktober – 31 Oktober 2019 (DIPERPANJANG sampai 13 NOVEMBER 2019!)
2. Pembayaran
Gelombang 1: Rp20.000,00
Gelombang 2: Rp25.000,00
Pembayaran melalui nomor rekening terlampir BRI 0009-01-005739-53-3 a.n. ENDAH PURWATI
Bukti pembayaran harus disertakan ketika pengiriman naskah 
3. Pengiriman Naskah
a. Kirim naskah dalam bentuk Ms. Word
b. Sertakan bukti pembayaran dalam bentuk .jpg (file dilampirkan dalam bentuk attachment)
c. Kirim ke e-mail This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
d. Subject e-mail: LCS_Nama Penulis_Judul Karya_Sekolah
    Contoh: LCS_Ananta Putra_Revolusi Mimpi_SMPN 1 Kanigoro
e. Format judul: LCS_Judul Karya
    Contoh: LCS_Revolusi Mimpi
Dibuka sejak 27 September 2019 sampai dengan 13 November 2019 (diperpanjang). Naskah yang diterima panitia melewati batas waktu tidak akan diterima.
Bagi peserta yang sudah melewati semua tahap sesuai dengan timeline yang tersedia bisa melakukan konfirmasi pada pihak panitia.

Sistematika Kepenulisan
a. Format file: Ms. Word
b. Jumlah halaman karya: 1-5 halaman
c. Ukuran kertas dan spasi: A4, 1.5pt spasi
d. Penggunaan font: Times New Roman, 12pt
e. Pengaturan font judul: Times New Roman, 14pt, bold
f. Pengaturan margin: Normal (2,54cm, 2,54cm, 2,54cm, 2,54cm)
g. Biodata peserta dituliskan pada halaman baru

Penjurian
Tahap penjurian akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 10 November 2019 (diperpanjang, tanggal 14 - 17 November 2019)
Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat

Pengumuman
Pengumuman hasil penjurian dilaksanakan pada 18 November 2019
1. Hasil penjurian akan diumumkan pada laman sman2blitar.sch.id dan juga akun instagram @officialarjuna dan @smadapunya
2. Diumumkan 25 naskah terbaik dari karya pilihan yang nantinya akan diterbitkan
3. Waktu pengumuman bersifat kondisional
4. Bagi peserta yang termasuk dalam 25 peserta dengan naskah terbaik dimohon untuk segera melakukan konfirmasi pada pihak panitia selambat-lambatnya tanggal 19 November 2019 pada pukul 23.59 WIB

Fasilitas dan Hadiah
1. Seluruh peserta akan mendapatkan e-sertifikat
2. 25 peserta dengan naskah terbaik akan mendapatkan e-sertifikat dan e-book buku antologi 25 naskah terbaik Lomba Cerpen Se-Jawa Timur Tahun 2019 serta diskon            20% pembelian buku
3. Pemenang
a. Juara I : Rp 750.000,00 + tropi + piagam + buku antologi 25 naskah terbaik Lomba Cerpen Se-Jawa Timur Tahun 2019
b. Juara II : Rp 550.000,00 + tropi + piagam + buku antologi 25 naskah terbaik Lomba Cerpen Se-Jawa Timur Tahun 2019
c. Juara III : Rp 300.000,00 + tropi + piagam + buku antologi 25 naskah terbaik Lomba Cerpen Se-Jawa Timur Tahun 2019

Tiga peserta dengan naskah terbaik akan diundang pada acara Dies Natalis SMA Negeri 2 Blitar untuk penyerahan hadiah dan hasil karyanya akan dipublikasikan di website sman2blitar.sch.id

Narahubung
1. Angel : 083851224210 (wa)
2. Riky : 085720625740 (wa)


Formulir pendaftaran silakan diunduh -->  form pendaftaran


Tags:

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Abusani, S.Kom., pemateri penyusunan e-modul

Blitar – IHT penyusunan modul dan e-modul kembali digelar SMAN 2 Blitar pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 ini (24/01). Dilaksanakan selama dua hari, mulai Jumat hingga Sabtu, 24-25 Januari 2020, IHT pertama di semester genap tersebut diikuti oleh seluruh guru mata pelajaran yang ada di Smada, sejumlah 57 orang. Dimulai pukul 08.00 WIB di Ruang Presentasi, kegiatan tersebut dibuka oleh Istianah, S.Psi. selaku pembawa acara.

            Selanjutnya, Abusani, S.Kom., memberikan sambutan sekaligus laporan panitia tentang pelaksanaan IHT tersebut. Secara singkat, Waka Kurikulum SMAN 2 Blitar itu mengungkapkan harapan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah terbentuknya modul untuk seluruh mata pelajaran, minimal, satu MGMP dapat menghasilkan minimal 1 modul per-KD, ungkapnya. Harapan itu turut diamini oleh Drs. Ahmad Damanhuri, M.M.Pd., selaku kepala sekolah ketika memberikan sambutan dan pengarahan sebelum acara inti dimulai.

            Selain itu, Damanhuri juga memberikan informasi tentang peletakan batu pertama pembangungan ruang ekstrakuikuler dan ruang olahraga indoor yang akan dilaksanakan di Smada sisi utara. Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu beliau juga mengungkapkan harapan adanya peningkatan SDM guru-guru dan juga staff karyawan yang ada di Smada. Salah satu upaya untuk meningkatkan SDM tersebut adalah melalui pelaksanaan IHT itu.

            Berlanjut pada acara inti, IHT penyususunan modul dan e-modul, di sini Abusani, S.Kom. kembali hadir sebagai narasumber. Secara detail, Guru TI tersebut menjelaskah langkah-langkah yang harus dilakukan dan dipersiapkan dalam pembuatan modul. Langkah pertama, memilih pasangan KD dan menentukan tujuan pembelajaran atau target pembelajaran. Setelah menentukan tujuan pembelajaran, barulah menentukan materi pembelajaran yang dibutuhkan dan modul sintaks pembelajaran yang digunakan.

            Untuk memudahkan pengerjaan, Abusani memberikan trik supaya selalu melihat dan mengacu pada RPP yang telah dibuat, sebab poin-poin yang dibutuhkan seperti KD, materi, sintaks, dan sumber belajarpun semua telah tertuang di RPP. Setelah memberikan panduan dan langkah-langkah pembuatan modul, peserta IHT diarahkan untuk bersama MGMP-nya mengisi form isian berupa LK modul yang terdiri dari LK 1-4.

“Jika  semua guru mapel telah mengisi form yang tersedia dan modul jadi, harapannya sekolah bisa mencetak secara massa modul-modul tersebut untuk kebutuhan belajar dan mengajar siswa. Semoga tahun ajaran baru kelak, itu bisa terealisasi,” harapnya menutup kegiatan hari itu.  

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id