Previous Next

Gandeng Orang Tua sebagai Mitra Pendidikan Keluarga

Penilaian: 3 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Orang tua adalah pendidik yang pertama dan utama bagi anak-anaknya dalam keluarga. Peran orang tua sangatlah penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak, termasuk motivasi dalam belajar.

Peran orang tua tidak lantas lepas begitu saja ketika anak sudah masuk ke dalam lingkup sekolah. Justru, jalinan komunikasi dan kemitraan orang tua dengan sekolah sangat dibutuhkan untuk bersama-sama menumbuhkan cita-cita dan tujuan pendidikan yaitu menumbuhkan dan membentuk siswa yang berbudi pekerti luhur, berprestasi, dan berkarakter.

 Sejalan dengan program Sahabat Keluarga yang digalakkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, SMAN 2 Blitar dengan menggandeng segenap orang tua siswa semester satu dan tiga untuk menghadiri rangkaian kegiatan Pendidikan Keluarga SMAN 2 Blitar yang digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 14-15 Oktober 2017.

Acara yang terbagi atas dua sesi tersebut diawali dengan Sosialisasi Pendidikan Keluarga yang disampaikan langsung oleh Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd, kepala SMAN 2 Blitar. Dalam acara yang berlangsung di aula SMADA tersebut Johan menekankan pelibatan peran orang tua dan masyarakat dalam pengelolaan sekolah dan proses pembelajaran. Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mencegah perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan norma susila dan nilai moral. Pada acara yang berlangsung sejak pukul 10.30 WIB tersebut turut menghadirkan segenap komite sekolah yang selama ini aktif mendukung segala bentuk program sekolah.

Sebagai bentuk nyata pelibatan serta kemitraan orang tua dan sekolah adalah dengan pembentukan paguyuban orang tua, kelas inspirasi orang tua, dan kelas inspirasi siswa. Paguyuban orang tua dibentuk oleh setiap kelas yang bertujuan untuk mendukung segala bentuk kegiatan sekolah dan juga sebagai wadah berbagi bagi para orang tua terkait permasalahan-permasalahan internal yang dihadapi anak dalam kelas tentunya dengan menggandeng Pembimbing Akademik (PA) sebagai lidah penghubung antara sekolah dengan orang tua.

Acara kedua yang masih lanjutan dari program Pendidikan Keluarga adalah Peningkatan Kapasitas Orang Tua yang dilaksanakan di hari kedua, Minggu, 15 Oktober 2017, sejak pukul 08.00-14.30 WIB dan terbagi atas dua sesi. Sesi pertama adalah untuk orang tua siswa semester tiga dengan mengusung tema “Mendidik Anak di Era Digital”. Adanya perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital seperti sekarang ini tentunya menimbulkan sedikit ketidaknyamanan dan kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua. Ketidaknyamanan inilah yang harus diubah menjadi sebuah kenyamanan. Kenyamanan yang lebih ditekankan adalah kenyamanan yang memberikan manfaat positif bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah yang selanjutnya menumbuhkan motivasi prestasi siswa.

Sesi kedua Peningkatan Kapasitas Orang Tua dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan audiens para orang tua siswa semester satu dengan tema Pengasuhan Positif Orang Tua. Pada tema ini orang tua diajak untuk lebih meningkatkan kualitas interaksi, komunikasi efektif dan disipin positif terhadap anak.

Tidak hanya pemaparan seputar Pendidikan Keluarga saja yang disampaikan oleh Kepala SMAN 2 Blitar yang gemar tarik suara itu. Beliau juga tampil sebagai model orang tua inspiratif untuk untuk menutup acara sekaligus mengawali Kelas Inspirasi Orang Tua yang selanjutnya dilakukan di setiap kelas masing-masing di bawah pengelolaan paguyuban orang tua.

Tags: ,

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id