Previous Next

Program SMA Rujukan Tahun 2017

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Selasa, (20/06) di Ruang Presentasi SMAN 2 Blitar dilaksanakan IHT penyusunan RPP- 4C sebagai Program SMA Rujukan guna peningkatan mutu Direktorat P-SMA,

Penguatan dan pengimbasan SMA Rujukan. Acara ini dihadiri oleh peserta guru yang berasal dari SMAN 2 Blitar (Sekolah Rujukan) dan seluruh SMA Negeri/ Swasta Se Kota Blitar yang menjadi sekolah mitra/ imbas dari program ini. Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd selaku narasumber yang sangat kompeten di bidang ini membawakan materi dengan sangat menarik, diawal presentasi beliau menyajikan data kondisi pendidikan saat ini bahkan melakukan diskusi spontan terhadap peserta IHT mengenai pembelajaran ideal, peluang serta tantangan pendidikan masa depan abad 21 yang harus dipersiapkan pendidik untuk membekali siswa- siswi peserta didik agar sukses dimasa yang akan datang. Sebagai guru pembekalan pembuatan perangkat harus selalu upgrade dari masa kemasa, agar peran guru dapat mengatasi segala permasalahan pembelajaran yang semakin kekinian dengan kompleksitas yang tinggi.
 RPP dengan konten 4C merupakan terobosan yang dapat menampung perkembangan pendidikan menuju abad 21, lalu apa saja 4C itu? 4C yakni meliputi Critikal thinking, Collaboration, communicztion, creativity. Berpikir kritis sebenarnya bukan lagi hal baru dalam dunia pendidikan, banyak sekali pembelajaran- pembelajaran buku teks yang sudah mulai menggunakan soal- soal dengan tipe HOTS (Berpikir tingkat tinggi), namun pada IHT kali ini ditegaskan dalam skenario pembelajaran atau RPP. Kolaborasi dan Komunikasi adalah hal yang sangat lekat dalam pembelajaran dimana keterlibatan pihak lain yang sangat diharapkan dalam mendukung kegiatan pembelajaran siswa, bahkan peran wali murid/ orangtua ditingkatkan baik dalam materi maupun evaluasi pembelajaran. Sedangkan pada aspek kreatif baik guru maupun peserta didik dimungkinkan untuk menuangkan kreatifitas dalam pembelajaran sehingga akan lebih bermakna, mengena dan menyenangkan. IHT penyusunan RPP ini kemudian dilanjutkan dengan diskusi berkelompok per MGMP hingga menyusunan RPP berbasis 4C yang kemudian akan dipresentasikan pada Sesi 2 yakni pada Kamis, 20 Juli 2017 mendatang. Semoga SMAN 2 Blitar selaku sekolah Rujukan di Jawa Timur selalu menginspirasi dan membawa manfaat bagi pendidikan di Kota Blitar. (red.hfn)(red/hfn)

Tags: ,

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id