Karya Tulis

Peningkatan Pelayanan Prima melalui "SMART" Di SMAN 2 Blitar

Oleh : ARI YULIASTUTI, S.PD.

Tenaga Administrasi Sekolah merupakan tenaga yang berperan penting dalam membantu Kepala Sekolah dalam memberikan pelayanan administrasi secara prima kepada masyarakat

Pelayanan prima adalah suatu proses bantuan kepada orang lain dengan cara tertentu tanpa menghasilkan sesuatu yang terdiri dari 3 unsur yaitu: 1) pemberi layanan; 2) penerima layanan; 3) kepuasan Metode SMART adalah upaya Tenaga Administrasi Sekolah dalam peningkatan pelayanan prima di UPTD SMA Negeri 2 Blitar untuk perkembangan lembaga sesuai dengan profesinya sebagai Tenaga Administrasi Sekolah Kata Kunci: Tenaga Administrasi Sekolah, Pelayanan Prima, SMART

Upaya yang telah dilakukan Tenaga Administrasi Sekolah dalam pelayanan prima bagi UPTD SMA Negeri 2 Blitar
Sebagai Tenaga Administrasi Sekolah yang bekerjasama dengan Tenaga Pendidik dan masyarakat memiliki 3 kewajiban; 1) Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna,menyenangkan, kreatif,dinamis dan dialogis; 2) Mempunyai komitmen secara professional untuk meningkatkan mutu pendidikan; 3) Memberi teladan dan menjaga nama baik sekolah, profesi dan fungsi.

Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis
Menyenangkan penerima layanan dalam pelayanan prima untuk memunculkan rasa puas pada masyarakat, selalu bertindak kreatif atau memiliki ide-ide bagus dalam memberi layanan kepada masyarakat dengan latar belakang pendidikan, ekonomi dan keluarga yag berbeda-beda. Selain itu Tenaga Administrasi Sekolah juga harus selalu dinamis denganbekerja memberikan layanan secara prima tanpa kenal lelahsehingga akan tercipta pelayanan prima yang sangat memuaskan penerima layanan atau masyarakat. Tenaga Administrasi Sekolah selain harus menyenangkan , kreatif dan dinamis juga harus dialogis dalam arti dimana pelayanan tidak harus berbentuk penyediaan fisik, barang dan jasa, tetapi juga bias bersifat pemberian informasi, sosialisasi dan konsultasi yang berupa dialog antara pemberi dan penerima layanan untukterciptanya kepuasan pada masyarakat.

Setiap Tenaga administrasi Sekolah sudah seharusnya mempunyai komitmen dalam menjalankan pelayanan secara prima kepada masyarakat dan juga harus bersifat profesional sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya sebagai Tenaga Administrasi Sekolah sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan sesuai UUD 1945 yang tujuan pendidikan adalah mencerdaskan anak

Memberi teladan dan menjaga nama baik sekolah, profesi dan kedudukan sesuai Tugas Pokok dan Fungsi
Sebagai Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) yang profsional, kami harus selalu berusaha untuk memberikan teladan yang baik dan benar dalam segala hal khususnya dalam memberikan pelayanan secara prima. Selain itu Tenaga Administrasi Sekolah juga harus selalu bersikap baik dengan tidak melanggar aturan agama, pemerintah dan sekolah agar supaya tetap dapat menjaga nama baik sekolah di masyarakat sehingga masyarakat tetap akan percaya dengan kami sebagai Tenaga Administrasi Sekolah yang profesioanl. Perlu kita ingat juga bahwa sebagai Tenaga Administrasi Sekolah yang berprofesi di bidang pendidikan tetap harus bekerja dengan tetap menjaga nama baik profesi kami sebagai aparatur pemerintah dan berusaha untuk selalu bekerja sesuai fungs kami sebagai Tenaga Administrasi Sekolah.

Upaya Tenaga Administrasi Sekolah dalam peningkatan pelayanan prima melalui “SMART” untuk UPTD SMA Negeri 2 Blitar
Tenaga Administrasi Sekolah merupakan tenaga yang berperan penting dalam membantu Kepala Sekolah guna memberikan pelayanan secara prima dan memuaskan masyarakat . Untuk melaksanakan itu semua penulis memiliki gebrakan atau ide dalam meningkatkan pelayanan secara prima sehingga tetap akan memberikan kepuasan kepada penerima layanan / masyarakat. Ide penulis dalam Tulisan/ Paparan ini adalah SMART, adapun pengertian dan jabaran dari ide tersebut adalah Senyum Melayani Aman Ramah Tepat waktu

Senyum
Senyum adalah salah satu cara manusia untuk berkomunikasi tanpa harus mengucapkan katakata. Senyum merupakan kebutuhan manusia yang sederhana dan gratis tapi berdampak besar pada diri kita dan orang lain. Senyum itu seperti setetes air yang bisa menghilangkan dahaga dan seperti udara segar di dalam ruangan hampa yang kedap udara. Senyuman dapat menimbulkan kesan pertama pada orang lain (Glasgow-based Go Group, perusahaan pelatihan bisnis, di Inggris). Bagian penting dari sebuah kebahagian bisa sebuah ekspresi muka seseorang dalam menanggapi sesuatu yang bersifat positif dan dalam agama Islam berarti sebagian daripada ibadah atau sedekah, ada sebuah hadist yang menagatakan “Senyum manismu untuk muka Saudaramu adalah sedekah untukmu”. Betapa mudahnya melakukan senyum, hanya butuh beberapa detik untuk merubah bentuk bibir menjadi senyum dan butuh beberapa detik pula untuk mempertahankan senyum menjadikan sebagaiungkapan perasaan hati. Tetapi pada kenyataannya senyum itu mahal dan tak jarang orang enggan tersenyum, terkadang Penulis juga pernah melakukan hal tersebut tetapi lebih melekat kepada situasi. Oleh karena itu Penulis sebagai Tenaga Administrasi Sekolah mempunyai ide SMART untuk berusaha meningkatka pelayanan prima kepada masyarakat sehingga akan tercipta kepuasan pada penerima layanan (masyarakat) dan dapat membawa nama baik sekolah di lingkungan sekolah, masyarakat dan untuk pihak lain.

Melayani
Melayani merupakan kagiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain dan pada hakekatnya tidak berwujud serta tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu (Donald W, Cowell,1984:22). Selain itu melayani merupakan produk yang tidak ada wujud atau bentuknya sehingga tidak ada bentuk yang dapat dimiliki, berlangsung sesaat atau tidak tahan lama, tetapi dialami dan dapat dirasakan oleh penerima layanan. Oleh karena itu sebagai Tenaga Administrasi Sekolah mempunyai kewajiban untuk selalu memberikan layanan atau melayani penerima layanan (masyarakat) dengan sebaik-baiknya dan tanpa harus memikirkan masyarakat tersebut dari golangan, status ekonomi dan lain sebagainya dengan hati iklas.

Aman
Aman adalah bebas/ selamat tidak dalam kondisi bahaya, terlindung atau tersembunyi, tidak dapat diambil orang lain (KBBI III,2003:29). Dari urain tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa Tenaga Administrasi Sekolah harus bertanggung jawab untuk keamanan dokumen masyarakat yang telah dikirimkan ke sekolah. Banyak cara untuk mengamankan dokumen yang salah satunya adalah dengan menyimpannya di dalam suatu tempat yang aman dari air, api, anak kecil, binatang dan dapat dijangkau oleh petugas, misalkan di dalam almari kantor. Tenaga Administrasi Sekolah harus bertanggung jawab untuk keamanan dan kepastian hukum dari dokumen yang telah dikirimkan ke sekolah atau yang telah petugas terima, sehingga penerima layanan (masyarakat) merasa nyaman dan terpuaskan atas layanan tersebut.

Ramah
Kedisplinan waktu adalah salah satu kunci sukses dalam pelaksanaan suatu hal. Terkadang kita kurang bisa menghargai adanya ketepatan waktu,misalkan dijadwalkan bertemu pukul 07.00 tetapi pada kenyatannya akan mundur bahkan sampai satu jam. Kesadaran mutlak diperlukan karena dengan kesadaran itu akan memacu kreatifitas untuk selalu tepat waktu. Penggulangan suatu hal akan menjadikan pembiasaan. Dengan pembiasaan tepat waktu akan menghasilkan suatu budaya yang baik dan akan tercipta loyalitas. Sesuatu yang berat, jika dijalankan dengan iklas lama kelamaan akan menjadui kebiasaan dan secara tidak langsung akan menghilangkan kebiasaan terlambat atau tidak menghargai waktu. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Tenaga Administrasi Sekolah harus dapat mengenali diri sendiri dan selalu berusaha untuk mengembangkan diri, galang potensi, redam kelemahan, iklas dan selalu melaksanakan sesuatu tepat waktu untuk kemajuan TAS, sekolah, masyarakat dan pemerintah dalam memintarkan Negara ini. Dari uraian yang telah disampaikan di atas Penulis dapat menyimpulkan bahwa sebagai Tenaga Administrasi Sekolah sudah berupaya secara maksimal untuk melakukan pelayanan prima dengan SMART yaitu : a. Berusaha untuk selalu tersenyum pada saat menerima masyarakat yang datang ke sekolah untuk mendapatkan layanan dari Tenaga Administrasi Sekolah secara memuaskan. b. Melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya tanpa memandang latar belakangnya untuk memberikan pelayanan prima yang memuaskan penerima layanan. c. Melakukan tindakan untuk mengamankan dokumen yang telah masyarakat kirimkan ke sekolah sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk dokumen tersebut. d. Ramah dalam memberikan pelayanan, baik tutur bahasanya, bersikap dengan santun dan menyenagkan masyarakat sehingga masyarakat tidaktakut untuk dating dan memiliki rasa puas atas layanan yang diberikan. e. Berusaha tepat waktu dalam meberikan pelayanan dengan tidak mengukur-ulur waktu, menghargai akan pentingnya waktu untuk mencipkan kepuasan pada masyarakat, menjaga nama baik profesi, sekolah dan pemerintah.

Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, Penulis dapat menyampaika saran yang sekiranya dapat dilaksanakan oleh Tenaga Administrasi Sekolah yang bekerja melayani masyarakat dengan menggunakan metode SMART yaitu : a. Tenaga Administrasi Sekolah perlu berupaya untuk meningkatkan kualitasnya dalam melayani masyarakat dengan selalutersenyum pada saat tamu atau masyarakat dating ke sekolah. b. Tenaga Administrasi Sekolah perlu loyalitas untuk dapat memeberikan layanan prima pada masyarakat sehingga menghsilkan rasa puas pada diri masyarakat. c. Tenaga Administrasi Sekolah perlu untuk melakukan tindakan memberikan jaminan keamanan pada dokumen yang telah dikirimkan ke sekolah. d. Tenaga Administrasi Sekolah perlu untuk selalu bersikap ramah, murah hati, santun dalam memberikan layanan kepada masyarakat untuk menciptakan kepuasan dalam diri penerima layanan. e. Tenaga Administrasi Sekolah perlu untuk selalu menghargai waktu, tidak bertele-tele dalam menyelesaikan pekerjaan, iklas sehingga dokumen masyarakat dapat terselesaikan tepat waktu dengan hasil yang sangat memuaskan penerima layanan. Melalui Tulisan/ Paparan ini diharapkan akan ada perubahan tindakan dan tingkah laku yang baik dari Tenaga Administrasi Sekolah. Maka, hasil dari Tulisan/ Paparan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi untuk Tenaga Administrasi sekolah yang lain.

Profil Pembuat

ARI YULIASTUTI, S.PD.

ARI YULIASTUTI, S.PD.

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id