Karya Tulis

Gunakan Gadgetmu untuk Belajar Bahasa Inggris

Oleh : WIDI ASTUTI, S.Pd.

Belajar Bahasa Inggris ……..siapa takut??

Melalui perangkat teknologi mungil ini banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan potensi diri kita. Tentu kita semua setuju, selain barangnya yang mudah dibawa, kita juga jarang sekali mau berpisah dengan si canggih ini. Ya …benar handphone namanya. Hampir semua orang dari keci sampai kakek nenek pegang handphone. Dari tukang becak dan tukang sayur sampai dengan para pejabat hampir semuanya pegang HP. Apalagi kalian para muda pasti handphonenya semakin canggih.

Ayooooo……kita maksimalkan gadget kalian untuk belajar bahasa Inggris. Pertama yang harus ada di gadget kalian adalah kamus bahasa Inggris. Saya menggunakan aplikasi “KAMUSKU”. Disitu kalian tinggal klik buka aplikasi, tulis kata sulit akan muncul artinya. Kamus ini punya double action yaitu bisa untuk Indonesia-Inggris dan Inggris Indonesia. Jika kalian merasa kesulitan cara bacanya tinggal klik gambar sound maka akan terdengar suara yang mem”pronoun”kan kata tersebut. Sewaktu –waktu kita membutuhkan kita dengan mudah mengakseskan tanpa perlu online. So easy kan……..????

Lebih jauh lagi kalau kalian ingin kamus yang lebih seiring dengan bahasa Inggris kalian yang sudah semakin berkembang, kalian bisa menggunakan aplikasi yang bisa kalian peroleh melalui Play Store yaitu kamus English- English Dictionary seperti Oxford Dictionary of English. Kelebihannya kalian akan menemukan arti kata bahasa Inggris dalam bentuk penjelasan memakai bahasa Inggris. Cara ini sangat cepat meningkatkan kemampuan kalian dalam pemahaman bahasa Inggris dan vocabulary kalian akan berkembang sangat cepat.

Kalian juga bisa memasang aplikasi kamus Synonim- Antonym Dictionary. Karena seringkali soal- soal dari mata pelajaran bahasa Inggris dalam bentuk soal antonym dan sinonim. Selain itu juga memudahkan kita menggunakan padanan katanya agar kalimat atau ucapan yang kita gunakan tidak monoton.

Guys…..

Setara sekolah menengah baca SMA kita mengenal 12 jenis teks yaitu narasi, recount, spoof, prosedur, new item, deskripsi, report, explanation, eksposisi analitis, eksposisi hortatory, discussion, dan review. Kita semua tahu bacaannya selalu panjang bahkan ketika ujian kita seperti membaca majalah karena setiap kali ujian kurang lebih ada 7 bacaan yang meliputi genre maupun functional textnya. Banyak juga tugas mengalisa bacaan yang begitu menguras tenaga, waktu dan pikiran. Selain harus mengenal jenis teksnya, social functionnya, strcture textnya, unsur kebahasaannya kita juga dituntut bisa menterjemahkannya dengan cara instan . Solusinya adalah gunakan google translate. Copy teksnya masukkan ke kolom terjemahannya dan klik…..lihat hasilnya. Kerjaan yang kita anggap berat jadi serasa semudah membalik telapak tangan bukan???

Untuk belajar tentang unsur kebahasaan yang melibatkan tentang tata bahasa, pilihan kosa kata, makna leksikal, makna gramatikal kenapa tidak kalian buka alamat situsnya saja. Salah satunya yang sangat recommended buat kalian adalah web “Learn English Through Stories” atau English Study Page”. Misalnya Say Happy Birthday in Different Ways, English Tenses Map,Comonly Used English Idioms, Crime- Punishment Vocabulary, Phrasal Verbs, Ways of saying: Thank you, very good and good bye dan masih banyak lagi hal- hal menarik yang kalian temukan di sini.

Di beranda facebook seringkali kita juga menjumpai link tentang pembelajaran bahasa Inggris. Jika dirasa bermanfaat baca link tersebut sampai tuntas. Sebagai pengingat agar kita tidak mudah lupa kalian bisa share di beranda kalian dan sewaktu- waktu bisa kalian buka kembali dan kalian pelajari lagi melalui gadget kalian masing-masing. Teknik ini sering saya lakukan jika ada materi yang menarik dishare bahkan simpan di HP agar dapat digunakan sebagai materi pembelajaran di kelas dalam bentuk power point. Dengan cara ini saya tidak perlu repot- repot lagi bikin media pembelajaran yang menarik untuk disajikan di hadapan kalian waktu di kelas.

Coba sekali –kali kalian intip facebook saya (Widi Astuti), disana kalian akan menemukan yang namanya “English Corner”. Media ini saya gunakan untuk meng “share” tentang vocabulary- vocabulary yang baru tentang materi yang akan saya bawa ke kelas. Ssssssst……..ini juga sedikit bocoran biasanya di English Corner ini saya juga meng “share” some difficult words yang akan muncul waktu ulangan. Nah…..loooo off the record kan?? Pastinya nggak akan rugi menggunakan gadget kalian untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kalian loooo.

Kita tahu sekarang ini eranya e-learning, e-book, e-raport dan lain –lainnya. Bahkan ujianpun sekarang sekarang tidak lagi pakai paper test lagi tapi sudah CBT alias UNBK. Dengan gadget kita, kalian juga bisa memasang aplikasi UNBK untuk berlatih mengerjakan soal –soal mata pelajaran yang di UNAS kan. Tinggal klik mata pelajaran yang dikehendaki misalnya klik mata pelajaran Bahasa Inggris, klik soal listening atau reading disitu kalian bisa menggunakan head set sambil klik- klik jawabannya. Mudah bukan….??

Ayoooo…..tunggu apa lagi gunakan handphone kalian untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kalian dimanapun, kapanpun. Gunakan secara bijaksana ya my beloved…….good luck!!!

Profil Pembuat

WIDI ASTUTI, S.Pd.

WIDI ASTUTI, S.Pd.

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id