Arsip Berita

Previous Next

SMADA GELAR IHT PENYUSUNAN NASKAH DAN APLIKASI E-UKBM 2017

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Tahun ini merupakan tahun kedua bagi SMA Negeri 2 Blitar menjalankan amanah sebagai Sekolah Rujukan. Salah satu imbas nyata dari label Sekolah Rujukan ini adalah diberlakukannya pembelajaran berbasis SKS

(Sistem Kredit Semester) dengan memanfaatkan penggunaan e-UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri Elektronik) yang disusun oleh masing-masing pengampu mata pelajaran. E-UKBM ini adalah sebuah panduan belajar peserta didik yang terdiri dari teks, gambar, audio, maupun video.

Untuk dapat menghasilkan UKBM yang optimal, maka pada Sabtu, 16 September 2017, SMA Negeri 2 Blitar menggelar IHT Penyusunan Naskah dan Aplikasi E-UKBM yang merupakan Program dari SMA Rujukan Tahun 2017. Acara ini diikuti oleh seluruh guru mata pelajaran intern SMADA dan juga beberapa guru dari Sekolah Imbas. Acara yang dimulai pukul 10.30 WIB ini dibuka oleh pengantar dari Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd selaku Kepala SMAN 2 Blitar tentang integrasi 4C dan IPK HOTS dalam UKBM. Berikutnya, materi inti tentang penyusunan dan penggunaan aplikasi e-UKBM disampaikan oleh pakar IT SMADA yang sekaligus memegang amanah sebagai Waka Kurikulum SMA Negeri 2 Blitar, Abusani, S. Kom.

Pada kesempatan tersebut, Abusani, S.Kom. menyampaikan panduan teknis penyusunan UKBM dengan menggunakan aplikasi SIGIL. Dipilihnya aplikasi SIGIL ini selain karena tidak berbayar dan bisa digunakan secara offline, juga memungkinkan untuk menyisipkan materi berupa audio maupun video yang dapat mendukung materi pembelajaran yang termuat pada UKBM. Lebih jauh lagi, Abusani menjelaskan secara detail tata cara menggunakan e-UKBM tahap demi tahap, mulai dari bagaimana membuat cover, daftar isi, materi inti, menyisipkan audio dan video, hingga tata cara mengunggah online ketika UKBM sudah siap dibagikan kepada siswa. Nantinya, melalui e-UKBM ini, siswa dapat belajar secara mandiri dengan mudah, nyaman, dan efisien sebab dapat dibuka dengan mudah melalui laptop bahkan ponsel pintar.

Meski ada beberapa guru mata pelajaran yang menjadi peserta dalam IHT penyusunan e-UKBM tersebut mengaku tertatih-tatih mengikuti panduan teknis berbasis IT tersebut, namun semangat para peserta tidak lantar surut meski harus berkali-kali meminta panduan teman bahkan langsung kepada pemateri. Hal ini membuktikan jika semangat para pendidik tersebut untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran dan melaksanakan amanah kurikulum memang sangat tinggi. Semoga dengan semangat yang menyala-nyala tersebut, target kurikulum 2013 yang menuntut penguasaan materi pada tataran HOTS diharapkan akan dapat dikuasai siswa secara optimal melalui adanya e-UKBM ini.

Tags: ,

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id