Arsip Berita

Previous Next

Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri 2017

Penilaian: 1 / 5

Aktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Komitmen SMAN 2 Blitar dalam menumbuhkan semangat serta kesadaran warga sekolah terhadap upaya pelestarian dan kecintaan terhadap lingkungan hidup akhirnya membuahkan hasil yang manis

dengan diraihnya penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri 2017. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut diterima oleh kepala SMAN 2 Blitar, Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd pada puncak acara peringatan Hari Lingkungan Hidup, Rabu (2/8/2017) lalu yang bertempat di gedung Manggala Wanabhakti Blok I Senayan, Jakarta.



Penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri ini merupakan estafet prestasi bagi SMA Negeri 2 Blitar, setelah dua tahun berturut-turut sejak 2015 lalu mempertahankan predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional dengan memitrai 10 sekolah adiwiyata binaan, akhirnya predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri bisa dicapai di pertengahan 2017 ini.

Untuk dapat diakui sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri, tentunya banyak proses seleksi berjenjang yang dilalui oleh sekolah adiwiyata yang memiliki motto ‘Kerja keras penuh simpatik sebagai pembela lingkungan’ ini. Proses penyeleksian tersebut meliputi empat komponen penilaian, meliputi kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan dengan tim penilai dari Kementerian LHK dan unsur independen.

Keberhasilan menyabet penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri 2017 ini diakui Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd sebagai buah kerja keras seluruh komponen sekolah, mulai dari peran komite sekolah, staf dewan guru dan karyawan, serta sasaran utama para peserta didik yang telah terbagi menjadi beberapa pokja dengan sederetan program cinta lingkungan. Sebagai bentuk apresiasi dan rasa syukur yang mendalam atas hal tersebut, maka pada Senin (06/08/2017) SMAN 2 Blitar menggelar acara tasyakuran yang bertajuk “Ekosistem Solid SMAN 2 Blitar Buahkan Adiwiyata Mandiri: Kita Lebih dari Pemenang.” Sebab, menurut Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd, kemenangan sesungguhnya bukan semata-mata teletak pada lembar piagam atau tropi penghargaan tersebut, melainkan iklim yang solid dan semangat cinta lingkungan yang telah membudaya di lingkungan sekolah, itulah kemenangan yang utama.

Acara yang dihelat di aula kebanggan SMAN 2 Blitar ini turut mengundang jajaran Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kota dan Kab. Blitar, Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar, Koordinator Pengawas Cabdin Provinsi dan Korwas Dindik Kota Blitar beserta pengawas pembina, serta seluruh kepala sekolah dan penanggung jawab Adiwiyata pada sekolah imbas lantas tidak terlupakan, para pengurus OSIS, MPK, ketua kelas dan ketua POKJA SMA Negeri 2 Blitar yang turut menyukseskan iklim solid Adiwiyata di SMADA.

Tidak ingin tenggelam dalam euforia sesaat, Drs. Johan Edy Prastiwo, M.Pd berpesan bahwa semangat adiwiyata harus tetap tegak menggelora lewat program-program cinta lingkungan dan juga kegiatan pembelajaran sehari-hari meski label Sekolah Adiwiyata Mandiri telah disematkan di SMADA.

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id