Arsip Berita

Previous Next

Pengumuman PPDB PMDK 2017/2018

Penilaian: 3 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

PENGUMUMAN PPDB PMDKSMA NEGERI 2 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Nomor: 420/152/101.6.11.2/2017

  1. Latar Belakang

SMA Negeri 2 Blitar sebagai SMA Rujukan kota Blitar yang mendapat amanah  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMA dalam mengembangkan program-program kementerian dan Direktorat P-SMA diimplementasikan dalam program-program sekolah sekaligus sebagai model dalam bentuk pratik-praktik baik sekolah (Best Practices) sebagai model SMA lain sekaligus dipercaya mengimbaskan pada SMA sekitarnya antara lain: pelaksana kurikulum 2013   (K-13), pelaksana Sistem Kredit Semester (SKS), Gerakan Literasi Sekolah (GLS), pemenggangan Kewirausahaan SMA, Penumbuhan Budi Pekerti dan Pendidikan Karakter serta Sekolah Aman.

SMA Negeri Blitar sebagi sekolah Adiwiyata Nasional menuju Mandiri memiliki  Lingkungan asri yang dimanfaatkan dalam pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dan Teknologi Informatika (TI) memungkinkan siswa berpikir kritis, komunikatif, kolaboratif dan kreatif (4C), membangun karakter positif, memberikan tantangan pembeljaran untuk mengasah keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS) hingga memiliki lifeskill sebagai bekal siswa dalam pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) dan saat terjun di dunia kerja maupun bermasyarakat.

Menindak lanjuti hasil koordinasi kepala-kepala sekolah SMA negeri dan SMK negeri dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Kabupaten Blitar pada hari Senin tanggal 9 April 2017 dan Edaran dan Ralat Edaran Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten dan Kota Blitar tentang PPDB tahun Pelajaran 2017/2018 yang diperuntukkan SMA Negeri dan SMK Negeri Kota dan Kabupaten Blitar Nomor 420/345/101.6.11/2017 pada tanggal 12 April 2017, serta hasil musyawarah Panitia PPDB SMAN 2 Blitar pada hari Rabu tanggal 12 April 2017 di SMAN 2 Blitar, dengan mendengar usulan warga sekolah dan komite sekolah atas potensi dan kondisi riil sekolah, diperlukankan Pengumuman PPDB yang lebih spesifik yang dibutuhkan oleh panitia PPDB SMAN 2 Blitar sebagai pedoman dan bagi peminat/calon pendaftar dari SMP/MTs yang akan masuk ke SMAN 2 Blitar. Pengumuman ini mengacu SK PPDB Cabang Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten Blitar yang disesuaikan dengan kondisi dan target internal SMA Negeri 2 Blitar.

Ada beberapa jalur PPDB bagi calon peserta didik baru, antara lain jalur PMDK Akademik, PMDK non Akademik dan PPDB jalur Reguler. Dasar seleksi setiap jalur masing-masing mempertimbangkan beberapa kemungkinan potensi yang dimiliki oleh calon peserta didik antara lain prestasi Akademik, prestasi Olah Raga, prestasi Seni, prestasi Kepramukaan, hafal Al Quran serta hasil nilai ujian nasional (UN) SMP/MTs. Untuk peserta didik berprestasi dari keluarga miskin diakomodasi sekolah melalui jalur PMDK dengan pagu tersendiri.

 

  1. Dasar Pelaksanaan

Surat Edaran PPDB tahun Pelajaran 2017/2018 Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten Blitar dan Hasil musyawarah Panitia PPDB SMAN 2 Blitar tahun Pelajaran 2017/2018 serta kebijakan yang menyertainya.  

  1. Pagu

Pagu SMA Negeri 2 Blitar pada Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017/2018 sepuluh (10) rombongan belajar, setiap rombel maksimum 36 siswa.

  1. Jalur PPDB SMAN 2 Blitar

JALUR PPDB

DASAR SELEKSI

1.

 

 

 

PMDK/ PRESTASI

a.  PMDK Akademik

 

 

Skor yang diperoleh dari piagam prestasi akademik lomba Akademik atau peringkat paralel disekolah atau peringkat kelas atau nilai rata-rata mata pelajaran tertentu pada raport.

b.. PMDK NON AKADEMIK

-    Nilai Piagam penghargaan

-    Nilai performance

2.

REGULER / UN

Nilai Ujian Nasional

  1. Jadwal PPDB  PMDK dan Daftar Ulang Sekolah

No

Kegiatan

Pelaksanaan

1.

Pendaftaran

27 - 29 April 2017

2.

Seleksi Tes Akademik/ Performen

9 Mei/ 9,10 Mei 2017

3.

Pengumuman

12 Mei 2017

4.

Rapat Ortu dan Siswa bersama Komite Sekolah

12 Mei 2017

5

Daftaran Ulang Sekolah

12  – 15 Mei 2017

 

  1. PERSAYARATAN DAN SISTEM SELEKSI PPDB PMDK AKADEMIK
    1. Sistem seleksi

Pendaftaran, seleksi, kriteria dan pengumuman PPDB PMDK Akademik dilaksanakan di SMAN 2 Blitar oleh Panitia PPDB sekolah. Hal –hal yang belum diatur akan diatur lebih lanjut.

 

  1. Persyaratan Umum
    1. Mendaftarkan diri dengan mengisi blangko pendaftaran dan memenuhi segala persyaratan pendaftran serta mengikuti rangkaian seleksi sesuai jadwal.
    2. Mendaftar jalur PPDB PMDK Akademik hanya pada SMA Negeri 2 Blitar. Jika terbukti ikut seleksi PPDB Akademik pada sekolah lain haknya sebagai siswa SMAN 2 Blitar dinyatakan gugur.
    3. Siswa yang bersangkutan mengikuti wawancara/Tes pada tanggal 9,10 Mei 2017 sesuai jadwal yang akan diumumkan kemudian.
    4. Memastikan mendaftar ulang saat diumumkan diterima pada jalur PMDK Akademik dan tidak mengikuti jalur lainnya di SMAN 2 Blitar maupun SMA lainnya.
  2. Persyaratan Khusus

Menyerahkan salah satu dukumen prestasi terbaik yang syah sebagai pendukung prestasi akademik dalam persyaratan pendaftaran PPDB PMDK Akademik sedikitnya memenuhi  salah satu persyaratan dari beberapa pilihan berikut ini:

  1. Memiliki dan menyerahkan piagam kejuaraan Akademik minimum tingkat Kota atau Kabupaten saat SMP/MTs (misal KOMPAS) dan mengikuti wawancara; atau
  2. Memiliki dan menyerahkan Piagam Penghargaan/Sertifikat 10 terbaik juara parallel di sekolahnya (SMP/MTs) pada semester 5 ; atau
  3. Memiliki dan menyerahkan piagam juara ke 1, 2 atau 3 kelas  saat di SMP/MTs dan mengikuti wawancara; atau
  4. Menunjukkan dan menyerahkan dukumen syah sebagai 10% terbaik di sekolahnya pada semester 5 (semester 1 kelas IX);
  5. Memiliki nilai rata-rata 80,0 pada 3 mapel diantara lima mata pelajaran berikut: Matematika, IPA, IPS, Bhasa Indonesia atau Bahasa Inggris dibuktikan dengan rapor/ capaian hasil belajar pada semester 5
  6. Mengikuti Tes tulis Matematika, IPA, IPS, Bhasa Indonesia atau Bahasa Inggris kecuali pendaftar yang masuk katagori golden tiket
  7. Pendaftar pada katagori golden tiket (poin a,b,c) antara lain memiliki piagam penghargaan lomba akademik (misalnya KOMPAS SMADA, Olimpiade Sain, dll) yang dinyatakan lolos seleksi panitia berdasarkan prosentase pagu jalur PPDB Akademik bebas seleksi tes dan mengikuti wawacara.

 

  1. PERSAYARATAN DAN SISTEM SELEKSI PPDB PMDK NON AKADEMIK
    1. Sistem seleksi

Pendaftaran PPDB PMDK Non Akademik dilaksanakan di SMAN 2 Blitar oleh Panitia PPDB sekolah, sedangkan Tes Performance hingga kriteria penilaian ditangani oleh Tim MGMP Blitar Raya yang sesuai dengan bidang keahliannya. Hal–hal yang belum diatur akan diatur lebih lanjut.

  1. Persyaratan Umum
    1. Mendaftarkan diri dengan mengisi blangko pendaftaran dan memenuhi segala persyaratan pendaftran serta mengikuti rangkaian seleksi sesuai jadwal.
    2. Mendaftar jalur PPDB PMDK Non Akademik hanya pada SMA Negeri 2 Blitar. Jika terbukti ikut seleksi PPDB PMDK pada sekolah lain haknya sebagai siswa SMAN 2 Blitar dinyatakan gugur.
    3. Mengikuti Tes performance pada tanggal 9, 10 Mei 2017 sesuai jadwal yang akan diumumkan kemudian.
    4. Memastikan mendaftar ulang saat bagi yang diterima pada jalur PMDK Non Akademik dan tidak mengikuti jalur lainnya di SMAN 2 Blitar maupun SMA lainnya.
  2. Persyaratan Khusus

Menyerahkan salah satu dukumen syah prestasi terbaik/tertinggi yang dimilikinya  sebagai pendukung prestasi non akademik dalam persyaratan pendaftaran PPDB Non Akademik berikut:

  1. Memiliki piagam kejuaraan Olah Raga, Seni atau Non Akademik lainnya minimum tingkat Kota/Kabupaten antara lain Bulu Tangkis, Pencak Silat, Bola Volly, Tennis Lapangan, Tennis Meja, Basket, Seni Tari, Seni Musik, Seni Keroncong, Seni Vokal, Hadrah/Rebana, Seni Baca QuranSepak Bola; atau
  2. Khusus kecakapan pramuka menyerahkan bukti prestasi/kecakapan/lomba sehubungan dengan kepramukaan.
  3. Khusus Peserta didik yang hafal Quran mendapat rekomondasi dari salah satu ustad yang kompeten.

Blitar, 17 April 2017

Kepala SMAN 2 Blitar

 

 

 

 

Drs. Johan Edy Prastiwo,M.Pd

Pembina Utama Muda

NIP. 196108241986031009

 

 

  • Untuk mengunduh file lengkapnya silahkan klik disini.
  • Untuk blanko pendaftaran silahkan unduh sesuai jalur PMDK yang didaftar
  1. Blangko PMDK AKADEMIK
  2. Blangko PMDK NON AKADEMIK
  3. Pengisian Form Pendaftaran

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id