Arsip Berita

Ekspedisi Pembelajaran Kolaboratif Sejarah-Sosiologi Outdoor Learning SMAN 2 Blitar 2022

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

 

 

Blitar – Outdoor Learning  merupakan aktivitas pembelajaran di luar kelas yang memberikan ruang bagi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman secara langsung di alam terbuka atau sumber belajar yang relevan dengan disiplin ilmu yang dipelajari. Hal itulah yang mendasari terlaksananya kegiatan “Ekspedisi Pembelajaran Kolaboratif-Partisipatif Outdoor Learning Sejarah dan Sosiologi Kelas XI IPS SMAN 2 Blitar”, Sabtu-Minggu (12-13 Maret 2022). Adapun objek yang menjadi tujuan belajar adalah Museum Sangiran, Tamansari, Taman Wisata Ratu Boko dan Malioboro.

Yusuf Agung Bintoro, S.Pd., penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa outdoor learning memiliki banyak manfaat bagi peserta didik.

“Manfaatnya (outdoor learning)  banyak sekali, diantaranya dapat memperkuat daya ingat pengetahuan siswa. Jika dibandingkan dengan hanya mendengar dan membaca di kelas, pengalaman belajar secara langsung dari sumbernya seperti ini akan lebih bermakna dan membekas di ingatan siswa,” jelas Yusuf yang juga merupakan pengampu Sosiologi kelas XI di Smada.

Selain Yusuf, turut serta dalam kegiatan kolaborasi Sosiologi-Sejarah ini diantaranya Alexander Sutrisno, S.Pd., M. M.Pd., guru Sosiologi, Pujo Ardianto Hidayat, S.Pd, guru Sejarah. Sedangkan jumlah siswa yang turut melibatkan diri secara inisiatif dan mandiri dalam pembelajaran kontekstual ini sebanyak 85 siswa kelas XI dari program IPS.

Dilaksanakan di tengah kondisi level Covid yang naik-turun, seluruh siswa dan guru pendamping, menurut penuturuan Yusuf, tetap taat protokol kesehatan ketat. Masker dan hand sanitizer  menjadi protokol bawaan wajib setiap peserta.. Kendati sempat diguyur hujan saat tiba di Keraton Ratu Boko, namun secara keseluruhan acara berjalan lancar dan sesuai rencana. Ketika ditanya tentang kelanjutan rencana serupa di tahun mendatang, Yusuf mengaku belum tahu pasti. Tetapi, ia tetap berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan.

“Lancar, meski sempat hujan saat di Ratu Boko. Rencana tahun depan belum tahu. Mungkin bisa dari kolaborasi mapel yang lain.”

Siswa mendapatkan pengarahan dari pemandu.
Siswa mendapatkan pengarahan dari pemandu.
Alexander Sutrisno, salah satu guru pendamping Sosiologi.
Alexander Sutrisno, salah satu guru pendamping Sosiologi.

 

 

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id