Arsip Berita

USP-BKS 2020/2021, SMAN 2 Blitar Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19 secara Ketat

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

 

Blitar, sman2blitar.sch.id—SMAN 2 Blitar melaksanakan Ujian Satuan Pendidikan-Berbasis Komputer dan Smartphone (USP-BKS) tahun pelajaran 2020/2021 dengan melaksanakan protokol kesehatan ala Covid-19 secara ketat. Ujian tingkat sekolah yang wajib diikuti seluruh kelas XII sebagai salah satu prasyarat kelulusan itu dilaksanakan mulai hari Senin-Jumat, 8-19 Maret 2021 dan terbagi menjadi dua sesi, 08-00-10.00 WIB (sesi I) dan 10.00-12.00 WIB (sesi II).

 Berlangsung di masa pandemi Covid-19, pelaksanaan USP-BKS tahun 2021 ini memperhatikan standar protokol kesehatan yang ketat guna mewasapadai penularan virus corona di sekolah. Sejak memasuki gerbang sekolah, baik siswa, guru, maupun staf karyawan Tata Usaha (TU) telah lebih dulu disambut oleh beberapa Tim Satgas Covid yang bersiap menyemprotkan disinfektan dan mengecek penggunaan masker. Bagi warga sekolah yang kedapatan tidak memakai masker, maka tidak diperbolehkan memasuki area sekolah. Kendati demikian, sekolah sebenanrya juga telah menyediakan masker medis gratis bagi warga sekolah yang membutuhkan, entah karena lupa atau tertinggal. Selain penyemprotan disinfektan, warga sekolah juga diharuskan untuk melakukan pengecekan suhu mandiri pada termometer digital yang telah disediakan.

Penyelenggaraan USP-BKS ini mengacu pada Surat Edaran (SE) Mendikbud No. 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Adapun yang menjadi ketentuan kelulusan bagi peserta didik mengacu pada SE tersebut meliputi tiga hal berikut:

  1. perserta didik menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester;
  2. peserta didik memeroleh nilai sikap/perilaku minimal baik;
  3. peserta didik mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Adapun ujian yang diselenggarakan SMAN 2 Blitar mengacu pada poin ketiga tersebut adalah berbentuk tes secara daring menggunakan laptop/smartphone yang dilaksanakan di sekolah. Waka Kurikulum SMAN 2 Blitar, Abusani, S.Kom., mengemukakan jika USP-BKS tahun ini memiliki ciri khas tersendiri dari model-model ujian sebelumnya.

“USP-BKS kali ini full daring. Selain itu, bentuk soalnya juga bervariasi, mengadopsi model AKM, meliputi bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian siangkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian,” jelasnya.

 Jadwal USP SMAN 2 Blitar 2021

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id