Arsip Berita

Persiapan USP 2021, SMAN 2 Blitar Bekali Guru dengan IHT Penyusunan Kisi-Kisi dan Soal USP

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

 

Peserta IHT konsultasi penyusunan soal

Ciliwung 396. Pelaksanan Asesmen Nasional (AN) pengganti Ujian Nasional (UN) sudah di depan mata. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut Asesmen Nasional ini sebagai penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan dan menjadi bagian dari kebijakan Merdeka Belajar. Salah satu penilaian dalam Asesmen Nasional ini adalah AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum berbasis literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Guna mempersiapkan itu, SMAN 2 Blitar membekali para guru kelas XII untuk membuat soal-soal USP bermodel AKM melalu kegiatan IHT Penyusunan Kisi-Kisi, Soal, dan Telaah Soal USP. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap mulai Senin sampai dengan Kamis, 22-25 Februari 2021, tentu saja dengan memerhatikan protokol kesehatan ala Covid-19.

Bertindak selaku narasumber utama dalam IHT tersebut, Abusani, S.Kom., menjelaskan bahwa soal-soal USP (Ujian Satuan Pendidikan) kali ini masih mengacu pada KD-KD yang ada pada masing-masing mapel, hanya saja bentuk soalnya dibuat mirip seperti model soal AKM. Berbeda dengan soal-soal pada UN, soal AKM terdiri dari lima bentuk soal. Adapun lima bentuk soal yang merupakan ciri khas AKM tersebut adalah bentuk soal pilihan ganda (PG, pilihan ganda kompleks (PGK), menjodohkan (MJDK), isian singkat (IS), dan uraian (U). Lima bentuk soal ini harus ada dalam USP yang akan diselenggarakan pada 8-19 Maret 2021 mendatang.

“USP kali ini mengunakan model soal AKM supaya anak-anak terbiasa (berhadapan dengan soal AKM),” jelas Abusani.

Soal AKM sendiri menurut Abusani, bukanlah soal yang sulit, tetapi memang membutuhkan kemampuan literasi. Literasi membaca bukan hanya sekadar kemampuan membaca secara harfiah tanpa mengetahui isi/makna dari bacaan tersebut, melainkan kemampuan memahami konsep bacaan. Sementara itu, numerasi bukan hanya sekadar kemampuan menghitung, melainkan kemampuan mengaplikasikan konsep hitungan di dalam suatu konteks, baik abstrak maupun nyata. 

“(Soal) AKM itu bukan soal yang sulit atau harus selalu HOTS, tetapi lebih mengarahkan anak untuk berliterasi terlebih dahulu,” pungkas Waka Kurikulum Bidang Kesiswaaan tersebut.*


Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id