Arsip Berita

Selebrasi HUT Pemprov Jawa Timur: SMAN 2 Blitar Gelar Bedah Buku ‘Disruption’ karya Rhenald Kasali

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Blitar, sman2blitar.sch id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang jatuh pada 12 Oktober 2020 turut diperingati pula oleh SMAN 2 Blitar. Adapun rangkaian kegiatan selebrasi yang dilaksanakan Smada pada 28 Oktober 2020, meliputi: bedah buku ‘Disruption’ karya Rhenald Kasali, pembagian masker gratis kepada warga sekitar, dan gebyar kreasi seni virtual karawitan 2020.

Beda buku yang bertajuk Ngopi: Ngobrol Pintar dimoderatori oleh Silvia Siwi Anggraini, S.Pd., dan Pujo Ardianto Hidayat, S.Pd., sebagai pemantik materi. Pujo memaparkan isi buku setebal 478 halaman itu dengan sangat detail perbabnya. Tiga puluh siswa yang menjadi audiens kala itupun terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan guru Sejarah tesebut. Bukti antusiasme siswa-siswi yang hadir ditunjukkan dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh enam siswa yang terbagi menjadi dua termin. Bahkan, Kevin Surya, siswa penghuni IPA 5.2, sempat ditolak pertanyaannya oleh moderator karena berniat mengajukan pertanyaan lagi setelah mendapat kesempatan bertanya di termin kesatu.

Buku Disruption dicetak pertama kali pada Februari 2017 dan sudah mengalami beberapa kali cetak ulang. Buku yang ditulis oleh Profesor Rhenald Kasali, akademisi manajemen dari Universitas Indonesia sekaligus pendiri Rumah Perubahan itu bahkan telah memiliki label ‘National Best Seller’. Buku ini berhasil menarik perhatian banyak orang di Indonesia karena mengangkat tema yang memang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dan perlahan terjadi di dunia, yaitu disrupsi, perubahan.

Disruption terjadi di setiap bidang kehidupan. Bidang ekonomi, sosial, budaya, hukum, pendidikan, kesehatan dan pemerintahan. Pada dasarnya disruption adalah inovasi yang akan menggantikan seluruh sistem lama atau orang lama (incumbent) dengan cara-cara baru atau orang orang baru (start up). Disrupsi berpotensi menggantikan pemain-pemain lama dengan baru. Disrupsi bisa dilihat sebagai sesuatu yang positif karena merupakan sebuah inovasi yang dinamis dan serba efisien, efektif dan serba canggih.  

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id