Arsip Berita

Nguri-Uri Budaya, Kelompok Guru SMAN 2 Blitar Banting Stir Bermain Karawitan

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Blitar, sman2blitar.sch.id – Refreshing sejenak dari rutinitas mengajar daring dan luring di masa pandemi, sekelompok guru yang mewakili Dharma Wanita Persatuan Unit SMAN 2 Blitar memilih banting stir bermain karawitan. Meski tidak memiliki basic kesenian atau karawitan yang kental, namun kesebelas guru wanita yang digawangi oleh Nadhiyah Kusmiari, S.Pd., ini tampak piawai memainkan saron, demung, dan kawan-kawannya.

Mulanya, kegiatan karawitan ini direncanakan untuk pentas virtual dalam rangka memeriahkan HUT Jawa Timur pada bulan Oktober 2020 lalu. Akhirnya, berlanjut sebagai pengisi hiburan pada saat SMAN 2 Blitar menjadi tuan rumah kegiatan Dharma Wanita Persatuan yang dihadiri Wahyu Dina Widari, S.Sos., Ketua DWP Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Blitar.

Sesuai dengan identitas Dharma Wanita Persatuan, salah satu tembang yang dimainkan adalah Mars Dharma Wanita yang telah diaransemen ulang oleh Deni Rahmat Setyawan, S.Sn., pelatih karawitan yang didatangkan khusus untuk mendampingi para guru tersebut berlatih.

Selain Mars Dharma Wanita, ada juga gendhing Gugur Gunung, Blitar, Mbok Ya Mesem, Ricik-Ricik, dan Pepeling. Meski mengaku berlatih hanya beberapa minggu, itupun harus membagi waktu dengan jadwal dan kegiatan mengajar, namun 12 guru yang terdiri dari Pradianna, Nadhiyah Kusmiari, Betty Agustina, Asriana, Silvia Siwi Anggraini, Sri Endah Budi, Titin Khoiriyah, Tatik Ngesti Rahajoe, Eko Wahyu Andrechiana, Dini Aisyafahmi, dan Stya Budi Asih itu tampak luwes mengiringi alunan gendhing yang dilantunkan Sulistyorini dan dua sinden siswa.

“Karawitan ini sekaligus refresing kami dari penatnya mengajar daring. Hiburan tersendiri,” ungkap Nadhiyah, guru PPKn itu.

Selain sebagai sarana hiburan, bermain karawitan juga merupakan bentuk nguri-uri budaya, melestarikan budaya nusantara, khususnya budaya Jawa. Sebelumnya, kelompok kesenian karawitan Smada Loka yang diisi siswa-siswi ekstrakurikuler karawitan, juga tampil virtual dalam lomba Feskar Internasional Mabes TNI 2020 dan berhasil menyabet juara 2 kategori pelajar.

“Rencananya tahun depan tetap berlanjut (bermain karawitan), karena teman-teman sangat antusias dan ini penting untuk tetap dilestarikan,” harap Nadhiyah. Adapun tampilan grup karawitan SMAN 2 Blitar dapat dinikmati di sini.

 

 

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id