Arsip Berita

Persiapkan Asesmen Nasional 2021, SMAN 2 Blitar Laksanakan IHT Penilaian dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)  

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

 

Blitar, sman2blitar.sch.id – Bertepatan dengan Hari Guru Nasional, SMAN 2 Blitar menyelenggarakan kegiatan IHT Penilaian dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Blitar, Ramli, S.Pd., M.M., bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Ganesha Operation. AKM ini tidak hanya disosialisasikan kepada guru saja tetapi juga kepada siswa, khususnya kelas XI. IHT ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan baru Manteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Nadiem Makarim, tentang penghapusan Ujian Nasional (UN) dan diganti menjadi Asesmen Nasional (AN), sebagai standar kelulusan mulai tahun 2021 mendatang (Rabu, 25 November 2020).

“Ada tiga instrumen penilaian dalam AN, yaitu AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Tujuan utaman AN ini untuk memetakan mutu satuan pendidikan, termasuk di SMAN 2 Blitar nantinya,” terang  Drs. Heri Hamsah, M.M., pengajar matematika, sekaligus staff ahli direski bidang materi online dari Ganesha Operation yang kala itu menjadi pengisi materi IHT.

AKM, lanjut Heri, mengukur dua keterampilan dasar, yaitu literasi membaca dan literasi numerasi, kepekaan bernalar tentang teks (bahasa) dan angka (matematika). Pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup: (1) keterampilan berpikir logis-sistematis, (2) keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, dan (3) keterampilan memilah serta mengolah informasi.

Soal-soal dalam Asesmen Kompetensi Minimal menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks, sehingga tujuannya memang tidak hanya sekadar mengukur penguasaan siswa terhadap konten saja, tetapi lebih pada kompetensi yang mendalam dan menyeluruh. Nantinya, tidak hanya siswa saja yang akan menjadi sasaran penilaian Asesmen Nasional ini. Guru dan kepala sekolah di tiap satuan pendidikan juga akan menjadi target pelaksana penilaian nasional ini. Jika siswa mengerjakan soal-soal AKM, untuk kepala sekolah dan guru nantinya mengerjakan atau mengisi bagian Survei Lingkungan Belajar.

Meski tidak membutuhkan persiapan khusus layaknya menghadapi Ujian Nasional (UN), tetapi Asesmen Nasional, khusus AKM, ini tetap membutuhkan persiapan yang maksimal.

“Memang hanya sample saja nantinya dipilih 45 siswa persekolah untuk mengerjakan (AKM). Tetapi sekolah tetap harus menyiapkan seluruh siswanya, karena kita tidak tahu nantinya siapa saja yang ditunjuk menjadi sample itu. Untuk itu memang perlu adanya kekompakan dan kerja sama yang baik dari seluruh unsur sekolah, khususnya guru dan siswa,” tutup Heri.

Asesmen Nasional untuk kelas 11 SMA/MA akan dilaksanakan pada pekan pertama Maret 2021 mendatang. Nantinya, hasil Asesmen Nasional tidak ada konsekuensinya untuk sekolah dan murid, tetapi lebih difokuskan sebagai bahan pemetaan untuk mengetahui kondisi sekolah yang sebanarnya dan sebagai bahan evaluasi pendidikan.

 

 

 

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id