Arsip Berita

Fermentasi Buah Maja, Produk Herbal Khas SMA Negeri 2 Blitar

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Blitar, sman2blitar.sch.idBuah maja merupakan ikon khas SMA Negeri 2 Blitar. Buah ini dapat ditemui dengan mudah di sudut pelataran sekolah, tepatnya di dekat Mushola At-Taqwa Smada. Buah yang berwarna hijau ini dikenal memiliki rasa yang pahit dan getir. Tetapi, berada di tangan Sulistyorini, S.Pd. dan kawan-kawan, buah yang menjadi cikal bakal penamaan Majapahit ini bisa disulap menjadi minuman herbal yang memiliki sejuta khasiat kesehatan, Jumat, 16 Oktober 2020. 

Sulistyorini, S.Pd., Tri Mulyasri, S.Pd., dan Bety Agustina, M.M., S.Pd., ketiga guru Fisika ini adalah yang membidani pengolahan buah maja menjadi fermentasi minuman herbal andalan Smada. Adapun cara pengolahan buah yang memiliki nama latin Aegle marmelos (L.) Correa ini ternyata cukup mudah, meski harus melewati proses beberapa hari. Hal ini disampaikan pada “Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal Buah Maja” dalam kegiatan rutinan Dharma Wanita Persatuan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Blitar , yang kala itu bertempat di SMA Negeri 2 Blitar.

Menurut Rini, untuk menghasilkan sirup herbal, buah maja perlu melewati proses fermentasi dulu dua hari dua malam. Waktu dua hari itu menurutnya cukup ideal untuk menghasilkan rasa manis yang pas.

“Harus pas dua hari, karena kalau kurang dua hari rasanya bisa asam. Kalau lebih dua hari juga asam,” terangnya sambil tersenyum kepada Wahyu Dina Widari, S.Sos, ketua DWP Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Blitar, yang kala itu turut menghadiri pelatihan dan antusias dengan proses pembuatan sirup maja yang menurutnya khas dan unik.

"Buah maja yang saya tahu ada di salah satu candi di Mojokerto dan kini saya menemukan buah dan olahannya di SMA 2. Ini sangat unik dan bisa menjadi ciri khas SMA 2. Tinggal nanti dikembangkan lagi untuk batas kadaluwarsanya. Ini menarik nanti kalau ada pameran produk Jawa Timur bisa saya bawa juga," ungkap Dina, sapaan akrab Ketua DWP yang sekaligus istri RamliS.Pd.,M.M., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten dan Kota Blitar.

Sirup fermentasi maja sendiri diklaim memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, khususnya diabetes, darah tinggi, diare, dan dipercaya dapat meningkatkan daya konsentrasi. Namun, perlu menjadi perhatian bagi yang belum terbiasa atau baru ingin mencoba, baiknya dimulai dengan takaran yang minimal sebab masing-masing tubuh dapat menimbulkan reaksi yang berbeda untuk pertama kalinya.

“Kalau masih pertama sebaiknya minumnya sedikit saja supaya tidak mabuk atau pusing. Efeknya tiap-tiap orang bisa juga berbeda. Ada yang kuat ada yang tidak,” tambah Tri Mulyasri turut menutup kegiatan Jumat siang itu.


 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id