Arsip Berita

Go Internasional, Karawitan SMAN 2 Blitar Boyong Juara 2 Feskar Internasional Mabes TNI 2020  

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

 

penampilan tim karawitan Sanggar Smada Loka

 

 

Blitar, sman2blitar.sch.id – Berada di masa pandemi bukan halangan untuk tetap berkarya dan menorehkan prestasi. Itulah prinsip yang diusung Sanggar Seni Smada Loka, ekstrakurikuler karawitan SMA Negeri 2 Blitar, yang sukses menjadi juara 2 dalam “Festival Karawitan Internasional Feskar Mabes TNI 2020, Piala Sri Sultan Hamengkubuwono X & K.G.P.A.A. Paku Alam X. Berlaga secara virtual, Tim Karawitan Smada dan 107 peserta lainnya yang terbagi atas dua kategori, umum dan pelajar, membawakan dua tembang dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan ala Covid-19, (Sabtu, 24 Oktober 2020).

Adapun dua tembang yang disajikan Sanggar Smada Loka (SSL) binaan Nadhiyah Kusmiari, S.Pd., dan Stya Budi Asih, S.S., itu adalah Ladrang Nuswantara Laras Pelog Pathet Nem, sebagai tembang wajib dan Lancaran Penghijauan Laras Slendro Pathet Manyura, sebagai tembang pilihannya. Ldr. Nuswantara sendiri merupakan tembang yang menceritakan tentang keindahan dan kultur kemajemukan budaya Indonesia yang di dalamnya juga memuat tentang pesan keselamatan dan kemajuan untuk NKRI. Sedangkan Lnc. Penghijauan adalah tembang pilihan yang dinilai sesuai dengan identitas SMA Negeri 2 Blitar sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Menurut Dhanurdhara Wasi’ Wicaksono, salah satu siswa yang menjadi narator prolog sekaligus pemain rebab, ia dan 19 teman lainnya hanya memiliki waktu kurang dari dua minggu untuk berlatih. Di bawah bimbingan pelatih Deni Rahmat Setyawan, S.Sn., ia dan kawan-kawannya yang notabene masih memiliki skill karawitan yang terbatas, merasa tertantang untuk mengikuti lomba tersebut. Selain tantangan dari segi teknik dan penyajian, kekompakan tim juga menjadi tantangan tersendiri menurut penuturannya.

“Tantangannya banyak, salah satunya untuk bisa full time dan full team. Mengingat kami semua beda kelas dengan jadwal yang berbeda pula. Apalagi ada yang ikut pembelajaran tatap muka  dan juga daring. Baru bisa latihan tertib bersama-sama itu H-2,” beber siswa penghuni IPS 5.1 tersebut.

Feskar Mabes TNI Tahun 2020 sendiri merupakan perlombaan karawitan internasional yang digelar atas kerja sama Mabes TNI dan Keraton Yogyakarta, untuk memperebutkan piala Sri Sultan Hamengku Buwono X dan S.D.K.G.P.A.A  Paku Alam X. Adapun peserta yang turut berpartisipasi dalam festival virtual tersebut sejumlah 108 yang terdiri dari 86 peserta kelompok umum berskala internasional dan 22 peserta kelompok pelajar berskala nasional dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK.

Peserta yang masuk nominasi diundang secara virtual untuk menyaksikan Malam Puncak Pengumuman Hasil Kejuaraan Festival Karawitan Mabes TNI Hamengku Buwono Cup dan Paku Alam Cup 2020 pada Sabtu malam, 24 Oktober 2020, pukul. 20.00 WIB. SMA Negeri 2 Blitar sebagai juara dua kategori pelajar mendapat hadiah berupa piala dan dana pembinaan sebesar Rp. 7.500.000,00 yang diserahkan secara virtual oleh Gubernur DIY.

Keikutsertaan tim karawitan SMA Negeri 2 Blitar dalam Feskar ini merupakan salah satu bentuk partisipasi sekaligus upaya untuk turut serta melestarikan budaya nusantara, khususnya karawitan. Pengambilan video untuk lomba tersebut dilaksanakan di Gedung Kesenian Aryo Blitar yang beralamat di Jalan Kenari 9, Plosokerep, Sananwetan, Kota Blitar, pada Senin, 19 Oktober 2020, pukul 19.00 WIB. Bagi yang tertarik dan penasaran dengan penampilan tim karawitan Sanggar Smada Loka SMA Negeri 2 Blitar bisa mengeklik di sini.

penampilan tim karawitan Sanggar Smada Loka

 

Dhanur dan rebab yang menjadi daya tarik penampilan Sanggar Smada Loka
Dhanur sedang memainkan rebab yang menjadi salah satu daya tarik penampilan Sanggar Smada Loka
pengrawit Sanggar Smada Loka

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id