Arsip Berita

Cegah Penyebaran Covid-19, Siswa SMAN 2 Blitar Lakukan Pembelajaran Daring di Rumah

Penilaian: 4 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Lengang, Siswa Belajar di Rumah

Lengang, Siswa Belajar di Rumah

Blitar—Menindaklanjuti surat edaran Gubernur Jawa Timur tentang peningkatan kewaspadaan terhadap Covid-19, mulai Senin, 16 Maret 2020, SMAN 2 Blitar meniadakan pembelajaran tatap muka di sekolah. Kendati tidak ada di siswa di sekolah, guru dan karyawan tetap masuk seperti biasa. Demikian halnya dengan proses pembelajaran, tetap berlangsung sesuai jadwal seperti biasa, hanya saja kali ini dilakukan jarak jaruh, secara daring (dalam jaringan).

Kepala SMAN 2 Blitar, Ahmad Damanhuri, melalui pernyataannya dalam rapat koordinasi guru dan karyawan (16/3/2020), meminta seluruh guru mapel dan juga PA (Pembimbing Akademik) untuk senantiasa berkoordinasi bersama orang tua dalam memantau siswa selama belajar di rumah. Diinstruksikan selama 14 hari ke depan, siswa belajar di rumah dan dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah ataupun kerumuman massa. Termasuk, menghindari sementara ritual salam-salaman, serta senantiasa menjaga kebersihan dan meningkatka daya imun tubuh. Hal ini sebagai bentuk upaya pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran Covid-19 atau virus Corona. 

Ada beberapa media yang dapat dimanfaatkan selama pembelajaran jarak jauh ini berlangsung. Seperti yang disampaikan oleh Waka Kurikulum SMAN 2 Blitar, Abusani, guru dapat menggunakan berbagai aplikasi yang telah direkomendasiakan Kemendikbud, seperti Rumah Belajar, Google Classroom, Quizziz, ataupun Ruangguru. Bahkan media perpesanan seperti WhatsApp atau bahkan sosial media seperti Instagrampun bisa dimanfaatkan.

Seperti yang dilakukan oleh guru Bahasa Jawa SMAN 2 Blitar, Stya Budi Asih, yang memilih menggelar pembelajaran live via Instagram. Hal itu menurut Stya cukup efektif untuk benar-benar memastikan kehadiran siswanya. Sebab menurutnya, melalui live Instagram, ia bisa berinteraksi dengan siswanya dan siswapun bisa langsung membalas atau menanggapinya di kolom komentar. 

Lain halnya dengan pembelajaran yang dilakukan mapel Bahasa Inggris, Widi Astuti lebih memilih Quizziz untuk memberikan latihan soal ke siswa, utamanya kelas 12 yang sebentar lagi menghadapi UN. Quizziz, menurut Widi, lebih mudah digunakan sebab sudah tersedia materi sekaligus latihan soal di dalamnya. Siswapun dibuat senang ketika mengerjakan karena tampilan soal dikonsep layaknya sebuah game. 

Aplikasi lain yang turut dimanfaatkan guru SMAN 2 Blitar untuk pembelajaran jarak jauh ini adalah Google Classroom. Ini dimanfaatkan beberapa guru mata pelajaran di SMADA, sebut saja Endah Purwati, Matematika, dan Pradianna, Ekonomi. Google Classroom dipilih sebab dirasa lebih mudah untuk mengorganisasi kelas dan mendistribusikan soal-soal ke beberapa kelas sekaligus. Selain itu, guru dan siswa juga bisa saling berinteraksi melalui kolom komentar dan juga melihat hasil nilainya secara langsung, termasuk melihat keterangan pengumpulan tugas: tepat waktu atau terlambat.

Apapun media yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh ini, Abusani berharap, itu dapat memelihara kebiasaan siswa untuk tetap belajar di rumah. Ia juga memastikan, jika guru-guru tidak berlebihan dalam memberikan tugas kepada siswa, agar siswa tidak merasa tertekan dan terbebani dengan banyaknya tugas yang didapat. Nantinya, pembelajaran tatap muka akan dilakukan kembali setelah mendapat instruksi lebih lanjut dari pemerintah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Suasana sekolah ketika pembelajaran jarak jauh

pembelajaran daring via Quizziz

Pembelajaran Bahasa Inggris via Quizziz

 

pembelajaran dari via Google Classroom

 Pembelajaran Matematika via Google Classroom

grup belajar daring via WhatsApp

Pembelajaran Bahasa Indonesia via grup Whatsapp

Kelas sepi tanpa penghuni, siswa belajar di rumah

Kelas yang biasanya ramai, kini tampak sepi tak berpenghuni

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id