Arsip Berita

In House Training (IHT) Penyusunan Modul dan E-Modul 2020

Penilaian: 1 / 5

Aktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Abusani, S.Kom., pemateri penyusunan e-modul

Blitar – IHT penyusunan modul dan e-modul kembali digelar SMAN 2 Blitar pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 ini (24/01). Dilaksanakan selama dua hari, mulai Jumat hingga Sabtu, 24-25 Januari 2020, IHT pertama di semester genap tersebut diikuti oleh seluruh guru mata pelajaran yang ada di Smada, sejumlah 57 orang. Dimulai pukul 08.00 WIB di Ruang Presentasi, kegiatan tersebut dibuka oleh Istianah, S.Psi. selaku pembawa acara.

            Selanjutnya, Abusani, S.Kom., memberikan sambutan sekaligus laporan panitia tentang pelaksanaan IHT tersebut. Secara singkat, Waka Kurikulum SMAN 2 Blitar itu mengungkapkan harapan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah terbentuknya modul untuk seluruh mata pelajaran, minimal, satu MGMP dapat menghasilkan minimal 1 modul per-KD, ungkapnya. Harapan itu turut diamini oleh Drs. Ahmad Damanhuri, M.M.Pd., selaku kepala sekolah ketika memberikan sambutan dan pengarahan sebelum acara inti dimulai.

            Selain itu, Damanhuri juga memberikan informasi tentang peletakan batu pertama pembangungan ruang ekstrakuikuler dan ruang olahraga indoor yang akan dilaksanakan di Smada sisi utara. Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu beliau juga mengungkapkan harapan adanya peningkatan SDM guru-guru dan juga staff karyawan yang ada di Smada. Salah satu upaya untuk meningkatkan SDM tersebut adalah melalui pelaksanaan IHT itu.

            Berlanjut pada acara inti, IHT penyususunan modul dan e-modul, di sini Abusani, S.Kom. kembali hadir sebagai narasumber. Secara detail, Guru TI tersebut menjelaskah langkah-langkah yang harus dilakukan dan dipersiapkan dalam pembuatan modul. Langkah pertama, memilih pasangan KD dan menentukan tujuan pembelajaran atau target pembelajaran. Setelah menentukan tujuan pembelajaran, barulah menentukan materi pembelajaran yang dibutuhkan dan modul sintaks pembelajaran yang digunakan.

            Untuk memudahkan pengerjaan, Abusani memberikan trik supaya selalu melihat dan mengacu pada RPP yang telah dibuat, sebab poin-poin yang dibutuhkan seperti KD, materi, sintaks, dan sumber belajarpun semua telah tertuang di RPP. Setelah memberikan panduan dan langkah-langkah pembuatan modul, peserta IHT diarahkan untuk bersama MGMP-nya mengisi form isian berupa LK modul yang terdiri dari LK 1-4.

“Jika  semua guru mapel telah mengisi form yang tersedia dan modul jadi, harapannya sekolah bisa mencetak secara massa modul-modul tersebut untuk kebutuhan belajar dan mengajar siswa. Semoga tahun ajaran baru kelak, itu bisa terealisasi,” harapnya menutup kegiatan hari itu.  

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id