Arsip Berita

Wulan Fitria, Siswi SMAN 2 Blitar Juara 1 Nasional Penulisan Esai “Philosophy Essay Competition" (PEC) UGM 2019

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Wulan (4 dari kiri) dan tropi kemenangan

                                                                                 

SMADA – Siswi SMAN 2 Blitar, Wulan Fitria, meraih juara I dalam kompetisi penulisan esai nasional “Philosophy Essay Competition" (PEC) yang belangsung di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta (19/8/2019). Lomba yang diselenggarakan Fakultas Filsafat UGM tersebut diikuti oleh puluhan pelajar tingkat SMA/sederajat dari berbagai sekolah di Indonesia. Bertengger di podium juara I, Wulan berhasil menyingkirkan pesaingnya, diantaranya SMAN 38 Jakarta dan SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya yang berada di peringkat kedua dan ketiga di bawahnya.

            Menjadi juara, Wulan bersama dua pemenang lainnya diundang untuk menerima penghargaan kejuaraan pada Malam Dies Natalis ke-52 Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada. Pada acara yang dihadiri dekan dan jajaran dosen Filsafat UGM tersebut, Wulan berkesempatan untuk memberikan sambutannya sebagai juara. Wulan mengaku sangat bersyukur dan bangga dapat menghadiri acara bergengsi UGM tersebut. Baginya, kompetisi seperti itu sangat penting untuk mendukung dan meningkatkan minat menulis dan berfikir kritis generasi muda.

            Kemampuan berpikir kritis itu Wulan tuangkan dalam essay-nya berjudul “Pendidikan Multikultural: Perkokoh Integrasi Bangsa Post-Truth Era dalam Perspektif Postmodernisme, yang menyoal tentang fenomena pola pikir masyarakat yang lebih mempercayai berita hoax,  tanpa terlebih dahulu mengecek kebenarannya. Hal tersebut dapat memicu disintegrasi yang membahayakan persatuan bangsa. Mencegah dampak negatif itu, melalui pendidikan multikultural dalam tulisannya, Wulan mengajak generasi muda muda untuk selalu menyaring berita-berita yang masuk, lebih bijak dalam menggunakan media social, serta tidak mudah terpengaruh isu-isu bernuansa SARA yang memicu perpecahan.

            Rasa bangga juga turut dirasakan Hanifitria Ningrum, S.Pd. Sebagai pembina ekstrakurikuler Karya Tulis Ilmiah di SMAN 2 Blitar, Hanilah yang selama ini mendadar dan membina Wulan dari pemula hingga kini bermental juara. Kemenangan Wulan ini hanya sekelumit dari keberhasilan Hani dalam membina KTI di SMADA. Bahkan, sederet prestasi siswa SMAN 2 Blitar di bidang penulisan karya ilmiah sebagian besar merupakan buah binaan guru Sejarah Indonesia itu.

            Sementara itu, menangggapi kabar menggembirakan sekaligus membanggakan itu, Drs. Ahmad Damanhuri, M.M.Pd., mengungkapkan sangat bersyukur akan tercapainya prestasi tersebut. Kepala SMAN 2 Blitar tersebut berharap akan lebih banyak lagi prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswi SMADA, baik di bidang akademik maupun non akademik.

  

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id