Arsip Berita

 Kurban Dua Ekor Sapi, SMAN 2 Blitar Ajarkan Siswa untuk Berbagi

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

BLITAR – Idul Adha menjadi momentum yang tepat untuk mengajarkan siswa berbagi melalui tradisi berkurban. Seperti yang selalu dilakukan SMAN 2 Blitar setiap tahunnya, kali ini SMADA kembali menggelar perayaan Idul Adha dengan menyembelih dua ekor sapi, satu ekor dari guru/karyawan, satu ekor dari iuran siswa dan satu ekor kambing dari ekstrakurikuler paskibra, Senin (12/8/2019). Kegiatan penyembelihan tersebut sebelumnya diawali dengan pelaksanaan shalat Idul Adha di lapangan basket SMADA pada pukul 06.00 WIB. Adapun yang bertindak sebagai imam sholat Ied kali ini adalah Dafiqli, S.Pd.I. dan Ulul Azmi, S.Pd. sebagai khotib. Melalui kutbahnya, Ulul Azmi mengajak seluruh warga SMADA untuk peduli dan berbagi kepada sesama melalui momentum berkuban pada Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H kali ini.

 Penyembelihan sapi dan kambing dilakukan di area parkir SMAN 2 Blitar mulai pukul 08.00 WIB dengan melibatkan guru, karyawan, dan siswa. Bahkan, kepala sekolah, Ahmad Damanhuripun ikut turun tangan dalam proses penyembelihan hingga menguliti hewan kurban. Dalam kegiatan ini, semua warga sekolah terlihat bahu-membahu, baik siswa maupun guru bekerja sama mulai dari pemotongan daging, penimbangan, pengemasan, hingga pada pendistribusian daging kurban kepada pihak-pihak yang berhak menerima, termasuk kepada warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah. Di tengah-tengah kegiatan penyembelihan, terdapat kunjungan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar untuk mengecek kesehatan dan kelayakan daging yang disembelih. Hasil dari pengecekan tersebut, sapi dan kambing yang telah disembelih dinyatakan bagus  dan layak, dilihat dari cara pemotongan yang benar dan kondisi hewan kurban yang sehat.

Tepat pukul  12.00 WIB, pemotongan dan pengemasan daging selesai dan siap untuk didistribusikan kepada warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah. Sebelumya, panitia kurban telah membagikan kupon untuk masyarakat yang berhak menerima daging kurban tersebut dan pada pukul 13.00 WIB, secara simbolis, Drs. Ahmad Damanhuri, M.M.Pd, kepala SMAN 2 Blitar, menyerahkan daging kurban secara langsung kepada masyarakat pemegang kupon penerima daging kurban yang telah mendatangi halaman asri SMAN 2 Blitar.

           

 

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id