Arsip Berita

IHT Penyusunan Karya Tulis Ilmiah dan Pengembangan Profesi Berkelanjutan

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

 

Blitar – IHT Penyusunan Karya Tulis Ilmiah kembali digelar SMA Negeri 2 Blitar dengan menjadikan Endah Purwati, M.Pd sebagai narasumber dan mengikutsertakan guru dari SMA Negeri 2 Blitar serta turut mengundang perwakilan guru dari sekolah imbas pada Sabtu, 3 Agustus 2019, di Ruang Presentasi SMAN 2 Blitar. IHT tersebut merupakan  IHT kedua yang dilaksanakan di semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang bertujuan untuk mengembangkan profesi guru berkaitan dengan publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya mengatur tentang pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung Pengembangan Profesi bagi Guru Pembelajar (PPGP) sebagai salah satu unsur utama dalam kenaikan pangkat dan pengembangan karir selain kegiatan pembelajaran.

   

Pada kesempatan tersebut, Endah Purwati, M.Pd. menjelaskan tentang tiga komponen yang harus ada dalam PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) yaitu komponen pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Khusus untuk kenaikan pangkat mulai dari III/d ke atas, maka ketentuan untuk jumlah publikasi ilmiah yang dibuat adalah sebagai berikut: 1) jumlah publikasi yang berbentuk diktat, karya ilmiah, karya terjemahan, atau tulisan ilmiah populer paling banyak 3 buah dan buku pedoman guru dibuat paling banyak 1 buah, 2) penulisan laporan penelitian maksimal 2 laporan pertahun, dan 3) karya inovatif maksimal 50% dari angka kredit yang dibutuhkan. Adapun syarat publikasi ilmiah dan karya ilmiah, Endah Purwati memberikan akronim APIK, yaitu Asli (karya orisinil, bukan plagiat), Perlu (karya tulis ilmiah tersebut bermanfaat),  Ilmiah (mengikuti aturan penulisan ilmiah), dan Konsisten (sesuai dengan tugas guru yang bersangkutan).

            Selanjutnya, di akhir acara, para peserta IHT diberi kesempatan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dengan praktik langsung membuat judul PTK dan ditanggapi langsung oleh Endah Purwati. Setelah menghasilkan satu judul PTK, peserta melanjutkan kegiatan membuat rancangan Bab I dan Bab II. Selanjutnya, peserta mendapat tugas rumah untuk menyelesaikan pengembangan rancangan PTK yang telah dibuat hingga menjadi PTK yang utuh dan sesuai dengan sistematika penulisan PTK yang benar. Hasil PTK Bapak/Ibu guru peserta IHT tersebut akan menjadi tagihan pada pertemuan IHT selanjutnya di tanggal 10 Agustus 2019. Dengan adanya IHT tersebut, Endah Purwati berharap, Bapak/Ibu guru dapat membuat karya tulis ilmiah dengan baik untuk mendukung kenaikan pangkat dan pengembangan karirnya secara berkelanjutan. 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id