Arsip Berita

Previous Next

Johan Edy Prastiwo, Kepala SMAN 2 Blitar: Sukses Membawa Werewolf Bersaing di Simposium Nasional 2017

Penilaian: 3 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Blitar (27/11) Kredibilitas Johan Edy Prastiwo sebagai kepala sekolah memang sudah tidak diragukan lagi. Setelah berhasil membawa sekolah yang dipimpinnya, SMAN 2 Blitar, menjadi Sekolah Rujukan dan Adiwiyata Mandiri 2017,

kini prestasi gemilang kembali ditorehkan. Tepat pada peringatan Hari Guru Nasional Kepala SMAN 2 Blitar yakni Johan Edy Prastiwo M.Pd dinobatkan sebagai terbaik kedua “Simposium Nasional bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah” untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah acara tersebut diselenggarakan pada 23- 26 November 2017 di Hotel Millenium Sirih tanah Abang Jakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan di bawah naungan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tersebut diikuti oleh 724 peserta yang terdiri atas kepala sekolah dan pengawas sekolah seluruh Indonesia. Selanjutnya dari jumlah tersebut diseleksi kembali dan diperoleh 160 peserta untuk diundang ke Jakarta, tepatnya di Hotel Millenium Sirih, Jakarta Pusat, guna mengikuti seleksi tahap lanjutan untuk mempertanggungjawabkan karya yang telah terpilih.

Adapun kategori karya yang dikompetisikan ada dua, yaitu kategori poster dan karya tulis. Dalam hal ini, amunisi Drs. Johan Prastiwo M, Pd untuk bersaing dengan jajaran kepala sekolah lainnya jatuh pada karya tulis dengan mengusung tema Memperkuat Kecakapan Abad 21 Siswa melalui Werewolf In Education di SMAN 2 Blitar Tahun Pelajaran 2017-2018. Judul tersebut merupakan buah gagasan dari penjabaran tema “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penyiapan Keterampilan Abad 21: Penguatan Pendidikan Karakter melalui Optimalisasi Pengutan Tri Pusat Belajar.

Berdasarkan hasil riset gagasan yang telah dilakukan selama hampir satu semester di tahun pelajaran 2017-2018, didapat kesimpulan bahwa Werewolf sebagai permainan edukatif dapat memberikan banyak hawa positif bagi tercapainya tujuan penguatan kecakapan siswa di abad 21 yang di dalamnya memuat keterampilan berdasar pada 4C (critical thinking, communicatiom, collaboration and creativity), literasi, dan peningkatan karakter. Adapun materi-materi dasar yang diselipkan dalam permainan mencari ‘manusia serigala’ tersebut meliputi materi tentang program-program sekolah termasuk di dalamnya memuat tentang penguatan pendidikan karakter (PPK), adiwiyata, gerakan literasi sekolah (GLS), dan Sistem Kredit Semester(SKS), serta materi yang melibatkan tentang pendidikan keluarga.

 

Akhirnya, kebermanfaatkan game tersebut sebagai wadah internalisasi program-program sekolah tidak hanya membawa manfaat pada pembelajaran di dalam kelas saja, tetapi lebih luas lagi, yaitu dapat pula menggairahkan kegiatan ekstrakurikuler serta mampu menumbuhfungsikan peran Tri Pusat Belajar, yaitu keterlibatan guru, orang tua, dan komite sekolah dalam menjalin hubungan dan dukungan yang baik. Semoga gagasan kepala sekolah ini mampu menjadikan bara penyulut semangat dan inspirasi bagi seluruh insan pemangku kepentingan sekolah di instasi pendidikan seluruh Indonesia khususnya warga SMAN 2 Blitar. Bravoo SMADA!!! Salam Samapta Manggala Anindita!!! (hfn)

Tags: ,

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id