Arsip Berita

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

 

Halo,adik-adik SMP/MTs/sederajat! Dalam rangka menyemarakan diesnatalis ke-35, SMAN 2 Blitar menyelanggarakan lomba eksternal untuk pelajar SMP/MTs/Sederajat. Salah satu lombanya yaitu lomba menulis cerpen siswa SMP/MTs/Sederajat se-Jawa Timur. Adapun ketentuan untuk lomba cerpen tersebut adalah sebagai berikut:

Peserta
Pelajar SMP/MTs/Sederajat yang bersekolah di Wilayah Provinsi Jawa Timur

Tema
“Lindungi bumi, hijaukan negeri, dan raihlah mimpi”

Syarat dan Ketentuan
1. Peserta merupakan siswa SMP/MTS sederajat yang sekolahnya berdomisili di Wilayah Provinsi Jawa Timur.
2. Peserta merupakan perorangan dan hanya diperbolehkan mengirim satu karya.
3. Karya yang diikutsertakan merupakan hasil karya sendiri, bukan karya orang lain/terjemahan/saduran, belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang diikutkan lomba serupa.
4. Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik sesuai dengan PUEBI, tidak mengandung hal yang dapat menyebabkan provokasi dan tidak mengandung unsur SARA.
5. Panitia tidak menerima revisi naskah dari peserta.
6. Peserta wajib menggunakan tema dari panitia.
7. Dengan keikutsertaan, peserta dianggap telah menerima dan menyetujui persyaratan perlombaan

Batas Waktu Pendaftaran, Pembayaran, dan Pengiriman Naskah
1. Pendaftaran
Gelombang 1: 27 September – 16 Oktober 2019
Gelombang 2: 17 Oktober – 31 Oktober 2019 (DIPERPANJANG sampai 13 NOVEMBER 2019!)
2. Pembayaran
Gelombang 1: Rp20.000,00
Gelombang 2: Rp25.000,00
Pembayaran melalui nomor rekening terlampir BRI 0009-01-005739-53-3 a.n. ENDAH PURWATI
Bukti pembayaran harus disertakan ketika pengiriman naskah 
3. Pengiriman Naskah
a. Kirim naskah dalam bentuk Ms. Word
b. Sertakan bukti pembayaran dalam bentuk .jpg (file dilampirkan dalam bentuk attachment)
c. Kirim ke e-mail Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
d. Subject e-mail: LCS_Nama Penulis_Judul Karya_Sekolah
    Contoh: LCS_Ananta Putra_Revolusi Mimpi_SMPN 1 Kanigoro
e. Format judul: LCS_Judul Karya
    Contoh: LCS_Revolusi Mimpi
Dibuka sejak 27 September 2019 sampai dengan 13 November 2019 (diperpanjang). Naskah yang diterima panitia melewati batas waktu tidak akan diterima.
Bagi peserta yang sudah melewati semua tahap sesuai dengan timeline yang tersedia bisa melakukan konfirmasi pada pihak panitia.

Sistematika Kepenulisan
a. Format file: Ms. Word
b. Jumlah halaman karya: 1-5 halaman
c. Ukuran kertas dan spasi: A4, 1.5pt spasi
d. Penggunaan font: Times New Roman, 12pt
e. Pengaturan font judul: Times New Roman, 14pt, bold
f. Pengaturan margin: Normal (2,54cm, 2,54cm, 2,54cm, 2,54cm)
g. Biodata peserta dituliskan pada halaman baru

Penjurian
Tahap penjurian akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 10 November 2019 (diperpanjang, tanggal 14 - 17 November 2019)
Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat

Pengumuman
Pengumuman hasil penjurian dilaksanakan pada 18 November 2019
1. Hasil penjurian akan diumumkan pada laman sman2blitar.sch.id dan juga akun instagram @officialarjuna dan @smadapunya
2. Diumumkan 25 naskah terbaik dari karya pilihan yang nantinya akan diterbitkan
3. Waktu pengumuman bersifat kondisional
4. Bagi peserta yang termasuk dalam 25 peserta dengan naskah terbaik dimohon untuk segera melakukan konfirmasi pada pihak panitia selambat-lambatnya tanggal 19 November 2019 pada pukul 23.59 WIB

Fasilitas dan Hadiah
1. Seluruh peserta akan mendapatkan e-sertifikat
2. 25 peserta dengan naskah terbaik akan mendapatkan e-sertifikat dan e-book buku antologi 25 naskah terbaik Lomba Cerpen Se-Jawa Timur Tahun 2019 serta diskon            20% pembelian buku
3. Pemenang
a. Juara I : Rp 750.000,00 + tropi + piagam + buku antologi 25 naskah terbaik Lomba Cerpen Se-Jawa Timur Tahun 2019
b. Juara II : Rp 550.000,00 + tropi + piagam + buku antologi 25 naskah terbaik Lomba Cerpen Se-Jawa Timur Tahun 2019
c. Juara III : Rp 300.000,00 + tropi + piagam + buku antologi 25 naskah terbaik Lomba Cerpen Se-Jawa Timur Tahun 2019

Tiga peserta dengan naskah terbaik akan diundang pada acara Dies Natalis SMA Negeri 2 Blitar untuk penyerahan hadiah dan hasil karyanya akan dipublikasikan di website sman2blitar.sch.id

Narahubung
1. Angel : 083851224210 (wa)
2. Riky : 085720625740 (wa)


Formulir pendaftaran silakan diunduh -->  form pendaftaran


Tags:

Penilaian: 4 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan Bintang

Blitar-  SMAN 2 Blitar menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI dengan menghadirkan sejumlah orang tua murid dari 112 anak yang bertugas pada upacara pengibaran hari ini, Sabtu (17/8/2019). Bernuansa berbeda dari tahun sebelumnya, upacara kali ini selain berlangsung khidmat juga mendapatkan sentuhan apik di penghujung acara dengan hadirnya Gita Kencana SMADA Choir yang mengusung lagu Janger dengan sentuhan konsep Bali.

Upacara diikuti oleh seluruh warga SMADA, meliputi guru, staf karyawan, peserta didik, dan turut mengundang orang tua/wali murid. Berlangsung tertib dan khidmat, seluruh elemen ekstrakurikuler turut mendukung suksesnya pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan RI di SMADA kali ini, mulai dari paskibra, korsik, padura, PMR, rohis, hingga jurnalistik.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Drs. Ahmad Damanhuri, M.M.Pd. tampil formal dengan mengenakan balutan jas berwarna hitam. Sementara itu, pada barisan siswa dipimpin oleh Alfian Septian, IPA 5.2, yang juga merupakan ketua OSIS SMADA masa bakti 2018/2019. Sementara yang bertugas sebagai komandan pasukan pengibaran adalah Reynaldi Bimantoro, siswa semester 5 dengan membawahi 112 pasukan yang salah satu di dalamnya bertugas sebagai pembawa baki, Putri Dewi, siswi IPS 1.4.

Pelatih Paskibra SMADA, Anggra Banoriztanto, S.Or.,Gr. mengaku cukup senang melihat anak didiknya dapat tampil maksimal hari ini. Mengingat, mayoritas siswa-siswi yang diturunkan hari ini adalah siswa semester 1 yang sebagian besar bukan berasal dari latar belakang paskibra. Kendati demikian, berkat gemblengannya bersama Tim Pelatih Paski SMADA yang diketuai Dina Aida selama satu minggu penuh berlatih secara ketat dan disiplin, Anggra menilai pasukan pengibaran dan seluruh petugas upacara HUT RI kali ini cukup sukses.

Kesuksesan ini dapat dilihat dari raut haru baik hadirin maupun peserta saat upacara usai. Bahkan, tidak sedikit yang turut meneteskan air mata bahagianya ketika tim pengibaran bersayonara usai bertugas sambil melambaikan bendera merah putih di genganggaman tangan mereka diiringi senandung merdu Indonesia Jaya oleh Aziz Budi Santosa, S.S., pembina Paskibra SMADA.

 

 

 

 

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Wulan (4 dari kiri) dan tropi kemenangan

                                                                                 

SMADA – Siswi SMAN 2 Blitar, Wulan Fitria, meraih juara I dalam kompetisi penulisan esai nasional “Philosophy Essay Competition" (PEC) yang belangsung di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta (19/8/2019). Lomba yang diselenggarakan Fakultas Filsafat UGM tersebut diikuti oleh puluhan pelajar tingkat SMA/sederajat dari berbagai sekolah di Indonesia. Bertengger di podium juara I, Wulan berhasil menyingkirkan pesaingnya, diantaranya SMAN 38 Jakarta dan SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya yang berada di peringkat kedua dan ketiga di bawahnya.

            Menjadi juara, Wulan bersama dua pemenang lainnya diundang untuk menerima penghargaan kejuaraan pada Malam Dies Natalis ke-52 Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada. Pada acara yang dihadiri dekan dan jajaran dosen Filsafat UGM tersebut, Wulan berkesempatan untuk memberikan sambutannya sebagai juara. Wulan mengaku sangat bersyukur dan bangga dapat menghadiri acara bergengsi UGM tersebut. Baginya, kompetisi seperti itu sangat penting untuk mendukung dan meningkatkan minat menulis dan berfikir kritis generasi muda.

            Kemampuan berpikir kritis itu Wulan tuangkan dalam essay-nya berjudul “Pendidikan Multikultural: Perkokoh Integrasi Bangsa Post-Truth Era dalam Perspektif Postmodernisme, yang menyoal tentang fenomena pola pikir masyarakat yang lebih mempercayai berita hoax,  tanpa terlebih dahulu mengecek kebenarannya. Hal tersebut dapat memicu disintegrasi yang membahayakan persatuan bangsa. Mencegah dampak negatif itu, melalui pendidikan multikultural dalam tulisannya, Wulan mengajak generasi muda muda untuk selalu menyaring berita-berita yang masuk, lebih bijak dalam menggunakan media social, serta tidak mudah terpengaruh isu-isu bernuansa SARA yang memicu perpecahan.

            Rasa bangga juga turut dirasakan Hanifitria Ningrum, S.Pd. Sebagai pembina ekstrakurikuler Karya Tulis Ilmiah di SMAN 2 Blitar, Hanilah yang selama ini mendadar dan membina Wulan dari pemula hingga kini bermental juara. Kemenangan Wulan ini hanya sekelumit dari keberhasilan Hani dalam membina KTI di SMADA. Bahkan, sederet prestasi siswa SMAN 2 Blitar di bidang penulisan karya ilmiah sebagian besar merupakan buah binaan guru Sejarah Indonesia itu.

            Sementara itu, menangggapi kabar menggembirakan sekaligus membanggakan itu, Drs. Ahmad Damanhuri, M.M.Pd., mengungkapkan sangat bersyukur akan tercapainya prestasi tersebut. Kepala SMAN 2 Blitar tersebut berharap akan lebih banyak lagi prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswi SMADA, baik di bidang akademik maupun non akademik.

  

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

BLITAR – Idul Adha menjadi momentum yang tepat untuk mengajarkan siswa berbagi melalui tradisi berkurban. Seperti yang selalu dilakukan SMAN 2 Blitar setiap tahunnya, kali ini SMADA kembali menggelar perayaan Idul Adha dengan menyembelih dua ekor sapi, satu ekor dari guru/karyawan, satu ekor dari iuran siswa dan satu ekor kambing dari ekstrakurikuler paskibra, Senin (12/8/2019). Kegiatan penyembelihan tersebut sebelumnya diawali dengan pelaksanaan shalat Idul Adha di lapangan basket SMADA pada pukul 06.00 WIB. Adapun yang bertindak sebagai imam sholat Ied kali ini adalah Dafiqli, S.Pd.I. dan Ulul Azmi, S.Pd. sebagai khotib. Melalui kutbahnya, Ulul Azmi mengajak seluruh warga SMADA untuk peduli dan berbagi kepada sesama melalui momentum berkuban pada Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H kali ini.

 Penyembelihan sapi dan kambing dilakukan di area parkir SMAN 2 Blitar mulai pukul 08.00 WIB dengan melibatkan guru, karyawan, dan siswa. Bahkan, kepala sekolah, Ahmad Damanhuripun ikut turun tangan dalam proses penyembelihan hingga menguliti hewan kurban. Dalam kegiatan ini, semua warga sekolah terlihat bahu-membahu, baik siswa maupun guru bekerja sama mulai dari pemotongan daging, penimbangan, pengemasan, hingga pada pendistribusian daging kurban kepada pihak-pihak yang berhak menerima, termasuk kepada warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah. Di tengah-tengah kegiatan penyembelihan, terdapat kunjungan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar untuk mengecek kesehatan dan kelayakan daging yang disembelih. Hasil dari pengecekan tersebut, sapi dan kambing yang telah disembelih dinyatakan bagus  dan layak, dilihat dari cara pemotongan yang benar dan kondisi hewan kurban yang sehat.

Tepat pukul  12.00 WIB, pemotongan dan pengemasan daging selesai dan siap untuk didistribusikan kepada warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah. Sebelumya, panitia kurban telah membagikan kupon untuk masyarakat yang berhak menerima daging kurban tersebut dan pada pukul 13.00 WIB, secara simbolis, Drs. Ahmad Damanhuri, M.M.Pd, kepala SMAN 2 Blitar, menyerahkan daging kurban secara langsung kepada masyarakat pemegang kupon penerima daging kurban yang telah mendatangi halaman asri SMAN 2 Blitar.

           

 

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id