Arsip Berita

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

Blitar, sman2blitar.sch id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang jatuh pada 12 Oktober 2020 turut diperingati pula oleh SMAN 2 Blitar. Adapun rangkaian kegiatan selebrasi yang dilaksanakan Smada pada 28 Oktober 2020, meliputi: bedah buku ‘Disruption’ karya Rhenald Kasali, pembagian masker gratis kepada warga sekitar, dan gebyar kreasi seni virtual karawitan 2020.

Beda buku yang bertajuk Ngopi: Ngobrol Pintar dimoderatori oleh Silvia Siwi Anggraini, S.Pd., dan Pujo Ardianto Hidayat, S.Pd., sebagai pemantik materi. Pujo memaparkan isi buku setebal 478 halaman itu dengan sangat detail perbabnya. Tiga puluh siswa yang menjadi audiens kala itupun terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan guru Sejarah tesebut. Bukti antusiasme siswa-siswi yang hadir ditunjukkan dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh enam siswa yang terbagi menjadi dua termin. Bahkan, Kevin Surya, siswa penghuni IPA 5.2, sempat ditolak pertanyaannya oleh moderator karena berniat mengajukan pertanyaan lagi setelah mendapat kesempatan bertanya di termin kesatu.

Buku Disruption dicetak pertama kali pada Februari 2017 dan sudah mengalami beberapa kali cetak ulang. Buku yang ditulis oleh Profesor Rhenald Kasali, akademisi manajemen dari Universitas Indonesia sekaligus pendiri Rumah Perubahan itu bahkan telah memiliki label ‘National Best Seller’. Buku ini berhasil menarik perhatian banyak orang di Indonesia karena mengangkat tema yang memang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dan perlahan terjadi di dunia, yaitu disrupsi, perubahan.

Disruption terjadi di setiap bidang kehidupan. Bidang ekonomi, sosial, budaya, hukum, pendidikan, kesehatan dan pemerintahan. Pada dasarnya disruption adalah inovasi yang akan menggantikan seluruh sistem lama atau orang lama (incumbent) dengan cara-cara baru atau orang orang baru (start up). Disrupsi berpotensi menggantikan pemain-pemain lama dengan baru. Disrupsi bisa dilihat sebagai sesuatu yang positif karena merupakan sebuah inovasi yang dinamis dan serba efisien, efektif dan serba canggih.  

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Blitar, sman2blitar.sch.id — Tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) kembali menyumbangkan prestasi untuk almamater SMAN 2 Blitar melalui keikutsertaannya dalam LKTI Bemfia Unisma 2020 dan menyabet juara 2 nasional. Tim yang beranggotakan Santi Ismatul Aula, XII IPA 1 dan Herna Trio Putra, XII IPA 3 itu mengusung judul karya tulis “Habitualisasi Kejujuran Berbasis Nilai Antikorupsi melalui Metode Live IN sebagai Investasi Sosial di Lingkungan Sekolah’, 29 November 2020.

Karya tulis ini berangkat dari keresehan dua peserta didik tersebut akan kondisi Indonesia saat ini. Pada karya tulis sepanjang 31 halaman itu disebutkan bahwa Indonesia tercatat sebagai bangsa terkorup di Asia. Maka dari itu, untuk mengantisipasi serta meminimalisir peningkatan kasus korupsi di hari kemudian. Diperlukannya penanaman pendidikan karakter melalui pendidikan antikorupsi. Pendidikan kasus korupsi mengajarkan nilai-nilai yang berhubungan dengan perilaku penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti nilai kejujuran dan sebagai bekal untuk menumbuhkan sikap antikoruptif.

Nilai-nilai kejujuran dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui proses pembiasaan (habitualisasi). Proses pembiasaan ini dapat diterapkan dilingkungan masyarakat dan sekolah. Dengan diterapkan pembiasaan di lingkungan sekolah diharapkan para siswa terbiasa akan bersikap jujur sesuai dengan nilai-nilai anti korupsi yang telah dipelajarinya sehingga dapat menghasilkan generasi yang enggan melakukan tindakan korupsi.

Alhamdulillah, tidak menyangka akan dapat juara 2 nasional. Mengingat pesertanya juga sangat luar biasa. Semoga ini bisa jadi motivasi anak-anak KIR lainnya khususnya dan siswa SMADA lainnya,” harap Hanifitria Ningrum, S.Pd., pembina KIR Smada. Selain prestasi ini, prestasi KIR lainnya juga datang dari tim yang diusung Wildan Purbo Ananda, XII IPA 4, Fadilla Nila Ernanda, XII IPA 1, dan Santi Ismatul Aula, IPA 1. Tim Wildan dkk ini juga turut menyumbangkan prestasi dengan memperoleh predikat poster terbaik nasional dalam kompetisi Lokakomi nasional 2020 yang digelar Unsoed 2020.  

 

 

 

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

 

 

Blitar, sman2blitar.sch.id – Angellita Rahma Trsinaning Putri, siswi IPA 5.1 SMAN 2 Blitar ini baru saja memenangkan lomba desain poster yang digelar oleh KPU Kota Blitar, 4 Desember 2020. Lomba yang diperuntukkan bagi masyarakat umum tersebut merupakan gelaran KPU Kota Blitar dalam rangka menyambut Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar tahun 2020 yang akan dilaksanakan secara serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Poster yang diunggah di akun Instagram pribadi Angeliita, @ara_ch8, itu menyerukan tentang ajakan kepada masyarakan yang telah memiliki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik pada 9 Desember 2020 nanti. Seruan antihoaks dan tolak money politik  juga didengungkan pada poster yang diunggah pada 28 Novermber 2020 tersebut. Tidak lupa, pada caption-nya, Angellita juga menyerukan masyarakan pemilih untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan ketika mengunjungi TPS nanti.

Terakhir, dalam unggahan instagramnya itu, Angellita juga berpesan untuk menjadi pemilih yang pintar, sebab satu suara sangat menentukan masa depan Kota Blitar.

“Jadilah pemilih yang pintar dan bijak dengan tidak tergiur money politik dan tidak mudah termakan isu hoaks. Satu suaramu sangat berarti karena menentukan masa depan Kota Blitar,” tulisnya pada unggahan Instgramnya yang telah disukai sebanyak 60 pengguna tersebut.

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

 

Blitar, sman2blitar.sch.id – Prestasi jelang tutup tahun 2020 dipersembahkan oleh tim Pramuka pangkalan SMAN 2 Blitar dalam giat Kirab Pandu Praja Patria (KP3) ke-XIV tahun 2020 yang digelar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Blitar, 10 November 2020. Memperoleh juara umum kedua dan bersaing dengan 29 sekolah lain se-Jawa Timur, Pramuka Smada berhasil mengumpulkan poin sebanyak 1126 poin yang diperoleh dari beberapa kategori lomba yang diikuti oleh tim Pramuka putra dan putri.

Kirab Pandu Praja Patria merupakan ajang pertemuan Pramuka Penggalang, Penegak, dan Pandega yang diadakan setiap tahun. Kegiatan ini menjadi wadah untuk membentuk dan melatih karakter disiplin, terampil, tertib, dan loyalitas anggota Pramuka. Adapun beberapa bentuk kegiatan yang dilombakan dalam KP3 ini diantaranya adalah Lomba Kreasi Formasi Baris Berbaris (LKFBB), Yel-yel, Cerdas Cermat, dan lomba video yang pada masa pandemi ini diselenggarkan secara virtual.

Adapun capaian yang diperoleh sangga putra dan putri Smada diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Juara 1 LKBFBB Putra;
  2. Juara 2 LKFBB Putri;
  3. Juara 3 Sangga Terbaik Putra;
  4. Juara 3 Sangga Terbaik Putri;
  5. Juara Umum 2 (Pangkalan).

Agus Ainur Rokhim, S.Pd., pembina Pramuka untuk putra, menyatakan jika khususnya di masa pandemi ini, anak-anak Pramuka sedikit mengalami hambatan dan tintangan, salah satunya dalam proses latihan beberapa anggota sempat jatuh sakit dan kendala izin orang tua, mengingat ini masa pandemi.

 “Dalam proses latihanpun anak-anak banyak sekali yang  mengalami hambatan dan rintangan, dimulai dari personil yang jatuh sakit karena kelelahan dan hujan juga. Bahkan juga terkendala tempat latihan serta izin orang tua,” tutur Agus.

 Meski demikian, lanjut Agus, hambatan dan rintangan itu justru menjadi pelecut semangat bagi dirinya dan anak-anak binaannya untuk semakin giat berlatih demi membuktikan prestasi mereka, khususnya bagi orang tua dan Smada tercinta.

“Anak-anak mampu menjelaskan dan membuktikan kepada orang tua mereka bahwa mereka bisa bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan dan pastinya ingin membangun pramuka SMA 2 lebih baik lagi dengan prestasi,” tutup guru BK itu.

Adapun tampilan Pendobrak SMAN 2 Blitar dapat dilihat pada unggahan Youtube Pramuka Putra dan pramuka putri.

 

 

 

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Blitar, sman2blitar.sch.id – Refreshing sejenak dari rutinitas mengajar daring dan luring di masa pandemi, sekelompok guru yang mewakili Dharma Wanita Persatuan Unit SMAN 2 Blitar memilih banting stir bermain karawitan. Meski tidak memiliki basic kesenian atau karawitan yang kental, namun kesebelas guru wanita yang digawangi oleh Nadhiyah Kusmiari, S.Pd., ini tampak piawai memainkan saron, demung, dan kawan-kawannya.

Mulanya, kegiatan karawitan ini direncanakan untuk pentas virtual dalam rangka memeriahkan HUT Jawa Timur pada bulan Oktober 2020 lalu. Akhirnya, berlanjut sebagai pengisi hiburan pada saat SMAN 2 Blitar menjadi tuan rumah kegiatan Dharma Wanita Persatuan yang dihadiri Wahyu Dina Widari, S.Sos., Ketua DWP Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Blitar.

Sesuai dengan identitas Dharma Wanita Persatuan, salah satu tembang yang dimainkan adalah Mars Dharma Wanita yang telah diaransemen ulang oleh Deni Rahmat Setyawan, S.Sn., pelatih karawitan yang didatangkan khusus untuk mendampingi para guru tersebut berlatih.

Selain Mars Dharma Wanita, ada juga gendhing Gugur Gunung, Blitar, Mbok Ya Mesem, Ricik-Ricik, dan Pepeling. Meski mengaku berlatih hanya beberapa minggu, itupun harus membagi waktu dengan jadwal dan kegiatan mengajar, namun 12 guru yang terdiri dari Pradianna, Nadhiyah Kusmiari, Betty Agustina, Asriana, Silvia Siwi Anggraini, Sri Endah Budi, Titin Khoiriyah, Tatik Ngesti Rahajoe, Eko Wahyu Andrechiana, Dini Aisyafahmi, dan Stya Budi Asih itu tampak luwes mengiringi alunan gendhing yang dilantunkan Sulistyorini dan dua sinden siswa.

“Karawitan ini sekaligus refresing kami dari penatnya mengajar daring. Hiburan tersendiri,” ungkap Nadhiyah, guru PPKn itu.

Selain sebagai sarana hiburan, bermain karawitan juga merupakan bentuk nguri-uri budaya, melestarikan budaya nusantara, khususnya budaya Jawa. Sebelumnya, kelompok kesenian karawitan Smada Loka yang diisi siswa-siswi ekstrakurikuler karawitan, juga tampil virtual dalam lomba Feskar Internasional Mabes TNI 2020 dan berhasil menyabet juara 2 kategori pelajar.

“Rencananya tahun depan tetap berlanjut (bermain karawitan), karena teman-teman sangat antusias dan ini penting untuk tetap dilestarikan,” harap Nadhiyah. Adapun tampilan grup karawitan SMAN 2 Blitar dapat dinikmati di sini.

 

 

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id