Blog

Rilis Tiga Buku Sekaligus, SMAN 2 Blitar Semakin Kuatkan Literasi Sekolah  

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Blitar – Identitas SMAN 2 Blitar sebagai Sekolah Rujukan dan Adiwiyata Mandiri kian menguat dengan dengan GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Ciri khas SMADA sebagai sekolah giat literasi dibuktikan dengan adanya program-program penguatan literasi, salah satunya adalah penerbitan buku setiap tahunnya. Jika tahun-tahun sebelumnya hanya satu buku, tahun ini tak tanggung-tanggung, langsung rilis tiga buku sekaligus. Mutiara Sang Dwija, Arunika, dan Baswara Lekha adalah tiga judul buku yang baru saja dirilis pada Dies Natalis ke-35 SMAN 2 Blitar kemarin, 21 November 2019.

            Peluncuran ketiga buku tersebut ditandai dengan penadatanganan langsung oleh Kacabdin Provinsi Jawa Timur wilayah Kab/Kota Blitar, Drs. Trisilo Budi Prasetyo, M.M. Selain meresmikan launching buku, Kacabdin juga mengungkapkan kesan-kesannya terhadap gerakan literasi di SMAN 2 Blitar. Menurutnya, penerbitan buku oleh siswa dan guru seperti itu merupakan sebuah kegiatan yang sangat positif. Ia juga menambahkan bahwa sejauh ini, SMAN 2 Blitar masih menjadi sekolah pelopor yang mampu menerbitkan buku secara konsisten setiap tahunnya. Hal ini menurutnya harus dipertahankan agar bisa menjadi inspirasi dan contoh bagi sekolah-sekolah lain.

            Widi Astuti, S,Pd., selaku PJK Literasi SMAN 2 Blitar juga mengungkapkan kelegaannya setelah berhasil merealisasikan program literasi tersebut bersama Tim Literasi. Ditemui disela-sela kesibukannya menata buku di stan literasi bersama bersama tim, Widi mengatakan jika tahun ini memang sangat luar biasa. Ketiga buku tersebut merupakan hasil dari lomba menulis intern yang bertajuk “One Day Writing”. Lomba tersebut dilaksanakan pada 21, Agustus 2019 secara serentak diiikuti oleh 297 siswa yang terbagi atas tiga mata lomba, yaitu lomba menulis artikel, puisi, dan cerpen.

            Ketiga lomba tersebut membuahkan beberapa naskah terbaik yang telah lolos seleksi tim juri. Jadilah buku berujudul ‘Arunika’ yang merupakan kompilasi cerpen dan puisi dari 42 penulis, ‘Baswara lekha’ kumpulan 12 artikel popular siswa, dan ‘Mutiara Sang Dwija’ kumpulan 21 kisah inspiratif guru-guru SMADA. Ketiga buku tersebut tidak hanya menjadi bahan literasi internal sekolah, tetapi juga diperuntukkan bagi masyarakat di luar SMADA, termasuk sebagai salah satu koleksi di Perpustakaan Bung Karno.

 

 

Kontak Kami

SMAN 2 NLITAR

Jl. Ciliwung Kelurahan Bendo

Kota Blitar, 66131

Email: info@sman2blitar.sch.id

Phone: +0342 802 229

Webistewww.sman2blitar.sch.id